Beranda Politik Polisi dan Bawaslu Tangkap 7 Remaja di Mandailing Natal Ikut Nyoblos

Polisi dan Bawaslu Tangkap 7 Remaja di Mandailing Natal Ikut Nyoblos

32
0
Ketujuh remaja di Mandailing Natal yang kedapatan mencoblos saat menunjukkan jari bekas tinta dan uang Rp50.000. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)
Loading...

Buktipers.com – Mandailing Natal (Sumut)

Polisi bersama petugas Bawaslu Mandailing Natal, SUmatera Utara (Sumut) mengamankan tujuh remaja yang kedapatan mencoblos pada Pemilu 2019. Mereka yang masih berstatus sebagai pelajar SMP ini nyoblos di salah satu TPS di Kelurahan Mompang Jae, Kecamatan Panyambungan Utara.

Informasi yang dirangkum iNews, penangkapan ini berawal dari kecurigaan anggota panwas yang bertugas di Kecamatan Panyabungan Utara. Kecurigaan itu kemudian dilaporkan ke Bawaslu dan aparat keamanan yang bertugas.

Selanjutnya, petugas bergerak dan mengamankan ketujuh remaja tersebut dan membawanya ke Kantor Gakkumdu setempat. Mereka menjalani pemeriksaan secara tertutup untuk mengungkap motif dan cara hingga dapat lolos menyalurkan hak pilih.

Baca Juga!  Polres Dairi Kembali Gagalkan Transaksi Narkoba

Hasil interogasi, ketujuh remaja itu mengaku mendapat arahan dari seorang perempuan yang merupakan istri salah satu caleg DPRD Kabupaten Mandailing Natal. Mereka mendapat imbalan Rp50.000 dan diberikan formulir C6 atas nama orang lain sebagai syarat agar bisa mencoblos.

“Pelaku ini disuruh istri salah satu caleg untuk memilih suaminya. Mereka kemudian diberikan uang Rp50.000 dan formulir C6,” ujar Koordinator Gakkumdu Mandailing Natal Joko Budiono, Rabu (17/4/2019).

Kasus ini masih dalam penyelidikan. Petugas menduga ada unsur permainan antara petugas KPPS dengan istri dari caleg tersebut sehingga para remaja ini dapat dengan mudah mencoblos di TPS.

Petugas juga masih selidiki asal formulir C6 yang dimiliki istri dari caleg tersebut. Saat in, pemeriksaan masih terus berlangsung dan akan dilanjutkan dengan memanggil petugas KPPS, istri caleg maupun caleg yang bersangkutan.

Baca Juga!  Oknum Kades di Ketapang Diduga Money Politic untuk Menangkan Oknum Caleg Dapil 5

Sumber : iNews.id

Loading...