Polisi Tangkap 2 Komplotan Mafia Kayu ‘Anak Jenderal’ di Riau

0
1
Polisi saat melakukan razia pembalakan liar di Riau (Raja/detikcom)
Dijual Rumah

Pekanbaru, buktipers.com – Polisi menangkap dua pelaku penebangan liar di kawasan Suaka Margasatwa Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Riau. Kedua pelaku merupakan anggota jaringan mafia kayu yang dikenal sebagai ‘Anak Jenderal’.

“Kami telah menangkap dua pelaku lagi. Total saat ini sudah empat orang kita amankan,” ucap Direskrimsus Polda Riau Kombes Ferry Irawan kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Ferry mengatakan dua orang itu ditangkap di Dusun Tasik Betung Giam Siak Kecil di Siak. Keduanya masih diperiksa penyidik terkait keterlibatan di kasus penebangan liar atau illegal logging.

“Dua yang baru ditangkap ini masih kami periksa. Apa keterlibatannya dan perannya masih didalami. Yang jelas ini komplotan Anak Jenderal,” kata Ferry.

Selain mengamankan pelaku, polisi mengevakuasi barang bukti kayu. Kayu itu akan diamankan ke Polres Siak.

“Kayu keseluruhan yang kami amankan sampai hari ini ada 100-an kubik. Sudah ada yang diolah dan masih dalam bentuk bulatan, campur,” kata Ferry.

Sebelumnya Polda Riau membongkar aksi illegal logging di SM Giam Siak Kecil. Aksi itu terungkap setelah Kapolda Riau Irjen Agung SIE melakukan patroli udara, Senin (15/11), selama 3,5 jam.

Pada malam yang sama, tim gabungan dari Satbrimob, Polisi Kehutanan, Ditkrimsus, dan Polres Siak melakukan penangkapan. Dalam operasi itu, seorang cukong atau pemodal bernama Mat Ari alias Anak Jenderal ditangkap.

 

Sumber : detik.com