Polisi Tangkap Penipu Spesialis Bermodus Cek Kosong

0
142
Ilustrasi cek kosong. (Net)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com –  Polisi menangkap seorang penipu spesialis wanita kaya di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Modus pelaku dengan meminjam uang korban, dan membayarnya dengan cek yang ternyata kosong.

Pelaku, Rinal Kostan, warga Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat. Dia dikenal sebagai pengusaha kuliner di Kompleks Perumahan Brayan.

“Dia kita tangkap dalam kasus penipuan dengan modus membayar uang pinjaman dengan cek kosong,” kata Kanit Subdit II/Harda-Bangtah Ditreskrimum Polda Sumut, Kompol Effendi Tarigan, kepada wartawan Kamis (1/8/2019).

Salah satu korban, kata dia, mengaku telah meminjamkan uang Rp270 juta ke pelaku. Alasannya Rinal saat itu sedang butuh uang untuk modal usaha jual beli kayu.

Setelah dipinjamkan uang, pelaku kemudian memberikan jaminan tiga lembar cek. Namun saat akan dicairkan, ternyata ditolak bank dengan alasan saldo tidak cukup.

“Sebelum kita laporkan ke polisi, kita sudah menghubungi pelaku soal cek kosong yang diberikan dan minta supaya dibayar namun tidak ada tanggapan,” kata korban, Royani.

Informasi yang dihimpun, selain Royani, ada sejumlah korban lain yang pernah meminjamkan uang ke pelaku. Di antaranya atas nama Jensi Rp200 juta, wanita berinisial A Rp250 juta dan M Rp240 juta.

Polisi menduga masih banyak korban dari pelaku Rinal yang tidak melapor ke polisi. Sebagian besar para korbannya merupakan wanita keturunan Tionghoa di Kota Medan.

 

Sumber : iNews.id