Polres Depok Gagalkan Peredaran 46 Kg Sabu dalam Kemasan Teh Hijau di Sumbar

0
21
Polres Depok menggagalkan penyelundupan 46 kg sabu di hotel di Padang, Sumbar. (Foto: Istimewa)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Satresnarkoba Polres Metro Depok membongkar peredaran narkotika jenis sabu seberat 46 kilogram di sebuah hotel di Padang, Sumatera Barat. Barang haram tersebut diselundupkan pelaku dengan menggunakan kemasan teh hijau.

“Mengamankan 44 bungkus plastik teh hijau yang berisi sabu dengan berat bruto 46.544 gram,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya, Senin (18/1/2021).

Kasus tersebut bermula saat polisi melakukan pengembangan dari tersangka kasus narkoba berinisial NA dan DA, yang sebelumnya telah diamankan. Tim kemudian mendapatkan informasi akan adanya pengiriman narkotika jenis sabu dalam skala besar awal tahun ini di Jabodetabek.

Berbekal isi percakapan dari handphone NA dan DA kepada buron berinisial DN alias SS, polisi mendapati informasi buron DN telah mengarah ke Jakarta dari Medan. Yusri mengatakan buron DN telah beberapa kali berhasil menyelundupkan narkoba selama satu tahun terakhir ke beberapa kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Yang bersangkutan sebagai kurir yang mendapatkan arahan untuk membawa barang tersebut dari saudara AT (DPO) dan saudara UA (DPO) yang berada di Medan dan Pekanbaru,” ungkap Yusri.

Kini polisi masih mengejar ketiga tersangka DN, AT, dan UA yang masih berstatus buron tersebut. Sementara satu tersangka lainnya berinisial EP alias MA dibekuk polisi.

Pengungkapan kasus ini disebut telah berhasil menyelamatkan 352 ribu jiwa dari ancaman bahaya narkotika jenis sabu.

Kepada tersangka, polisi menjerat dengan Pasal114 dan 112 UU RI 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Adapun ancaman maksimal yang bisa menjerat pelaku ialah hukuman mati.

 

Sumber : detik.com