Polres, Kodim dan Pemkab Dairi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan

0
280
Muspida Pemkab Dairi saat meninjau lokasi kebakaran lahan, Senin (23/9/2019).
Dijual Rumah

Dairi, buktipers.com – Polres Dairi dan Kodim 0206 Dairi, serta Pemkab setempat, tinjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Desa Silalahi III, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, tepatnya di perladangan masyarakat sekitar, perbukitan rumah tinggal, pada Senin (23/9/2019).

Para unsur Forkopimda ini, melarang membuka lahan, dengan cara membakar, khususnya di wilayah hukum Polres Dairi.

Tampak di lokasi, Bupati Dairi, DR. Eddy Keleng Ate Berutu, Kapolres, AKBP Erwin Wijaya Siahaan, S.I.K, Dandim 0206 Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto, Kepala BPBD Dairi, Rafael Ginting, Kabag Ops Polres Dairi, Kompol WH Pranggono, Kapolsek Sumbul, AKP A.R Siregar,SH, Danramil Sumbul, Kapten L. Situmorang, Kasi Propam Polres Dairi, Ipda Kornel Situmorang SH, Kanit Tipiter Polres Dairi, Ipda H. Sianipar, SH, petugas Polhut Dinas Kehutanan Sumut, petugas Tim Manggala Agni Kabanjahe, staf Kantor Camat Silahisabungan, dan para Kepala Desa.

Muspida Kabupaten Dairi akan membentuk posko bersama di Kecamatan Silalahi Sabungan, dalam upaya pencegahan terjadinya Karhutla.

Menginstruksikan kepada Camat, Kepala Desa dan Perangkat Desa Kecamatan Silalahi Sabungan, agar melakukan langkah-langkah konkrit dalam upaya pencegahan kebakaran lahan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Dairi, AKBP Erwin Wijaya Siahaan, S.I.K menyampaikan, kebakaran lahan ini, akhir – akhir ini sering terjadi di Kecamatan Silalahi Sabungan dan pihaknya akan menindak tegas, bila ada unsur-unsur kesengajaan membakar lahan dan hutan. Sesuai dengan Undang – undang yang berlaku di Republik Indonesia, tegasnya.

Polres Dairi dan Kodim 0206 Dairi telah membentuk tim, dalam upaya melakukan lidik, penyebab terjadinya kebakaran lahan.

Polres Dairi akan melakukan pemeriksaan atau meminta keterangan terhadap warga yang memiliki tanah perladangan, di sekitar lokasi kebakaran lahan, ujar Kapolres lagi.

Diharapkan kepada masyarakat tidak sembarangan membakar lahan, apalagi sekarang musim kemarau, ujar Kapolres berpesan.

(BS)