Polres Labuhanbatu Gelar Operasi Zebra Toba Selama 14 Hari

0
7
Kapolres Labuhanbatu saat memeriksa barisan.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Toba 2021 kepolisian mandiri kewilayahan digelar di halaman Mapolres Labuhanbatu, Senin (15/11/2021).

Kegiatan operasi ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/1023/IX/OPS.1.3./2021 Tanggal 25 Oktober 2021 tentang Direktif/Rencana Garis Besar (RGB) pelaksanaan operasi kepolisian kewilayahan Zebra 2021.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Labuhanbatu Selatan, H Edimin menyebutkan, operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 15 hingga 28 November 2021 dengan melibatkan personel Polda Sumut sebanyak 1.295 dengan rincian 100 personel dari Satgas Polda dan 1.195 dari Satgas kewilayahan.

Operasi Zebra Toba 2021 merupakan operasi pemeliharaan keamanan dam ketertiban masyarakat dibidang lalu lintas yang dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna memutus penyebaran Covid-19.

Dalam amanat itu, Kapolda juga menekankan beberapa poin kepada personel diantaranya:

1.Laksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terjadi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi yang berpotensi penyebaran Covid-19.

2.Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta bahaya Covid-19 berupa kegiatan sosialisasi serta kampanye baik melalui media cetak, elektronik maupun melalui pemasangan spanduk, banner, dan stiker.

3.Berikan edukasi dan bangun disiplin masyarakat untuk patuh dan tertib dalam berlalu lintas serta mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, SIK saat dikonfirmasi meminta masyarakat Labuhanbatu Raya dapat mendukung pelaksanaan operasi tersebut.

“Dulunya operasi zebra ini lebih mengedepankan dalam penindakan lalu lintas, tetapi pada saat ini kita sedang mengalami pandemi, jadi kegiatannya adalah dalam rangka yustisi penertiban masyarakat dalam rangka penggunaan masker, kemudian terkait protokol kesehatan. Harapan kami masyarakat Labuhanbatu Raya bisa mendukung kegiatan ini sehingga pandemi saat ini bisa kita atasi dan lalui bersama,” harapnya.

Bupati Labuhanbatu Utara, Hendriyanto Sitorus yang diwakili Sekda H Muhammad Suib mengatakan, sangat mendukung pelaksanaan operasi tersebut. Kepada petugas, ia juga berpesan agar operasi ini berlangsung secara humanis.

“Tentunya kami sangat mendukung pelaksanaan operasi ini, mudah-mudahan dapat terselenggara dengan baik sembari turut mendukung penekanan Covid-19. Kita berharap operasi ini berlangsung secara humanis, mengedepankan pendekatan yang baik kepada masyarakat serta tetap memegang teguh aturan dan peraturan yang berlaku,” jelasnya.

 

(Syafii Harahap)