Polres Lahat Bongkar Kasus Pemalsuan SIM di Usaha Percetakan

0
2
Usaha percetakan yang memalsukan SIM di Kabupaten Lahat (Foto: iNews/Bala Putra)
Dijual Rumah

Lahat, buktipers.com – Polres Lahat, Sumatra Selatan (Sumsel) mengungkap praktik pembuatan surat izin mengemudi (SIM) palsu yang beredar di Kabupaten Lahat.

Di lokasi percetakan, polisi mengamankan barang bukti 25 lembar SIM yang dipalsukan.

Produksi SIM palsu itu dibuat di sebuah toko kecil yang menjadi tempat usaha percetakan. Terduga pelaku pemalsuan DN bekerja sama dengan rekannnya RT. Keduanya mengubah SIM C menjadi SIM B II Umum.

Dari keterangan pelaku, modus operandinya dia sengaja meminta bantuan beberapa orang rekannya untuk membuat SIM C di Satlantas Polres Lahat dengan memberikan imbalan uang.

Setelah selesai, SIM C tersebut diserahkan kepada pelaku untuk dirubah menjadi SIM B II Umum yang dikhususkan untuk pengoperasian alat berat.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa 25 lembar SIM C yang telah diubah menjadi SIM B II Umum. Kemudian printer dan alat percetakan lainnya juga ikut disita.

“Satlantas itu tidak menerbitkan SIM B II. Jadi dengan Satreskrim dan Satlantas berkoodinasi untuk mengungkap kasus pemalsuan itu,” kata Kanit Pidum Polres Lahat Ipda Buddi Agus, Jumat (24/9/2021).

“Penyelidikan ini kurang lebih dua minggu bisa mengunggak kasus pemalsuan SIM ini,” ujarnya lagi.

Saat ini polisi masih memburu RT yang masih buron. Keduanya terjerat pasal 266 tentang Tindak Pidana Pemalsuan.

 

Sumber : iNews.id