Polresta Deli Serdang Amankan 9 Anggota Geng Motor GH, Pelaku Pengrusakan di Cafe Pos Tiga Galang

0
2
Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK, MH, memberikan keteragan kepada wartawan.
Dijual Rumah

Deli Serdang, buktipers.com – Polresta Deli Serdang melaksanakan press release penanganan perkara tindak pidana secara bersama – sama melakukan kekerasan terhadap barang dan atau pengerusakan, yang kerab disebut  ”geng motor ”, Senin (30/5/2022), di Aula Terbuka Mapolresta Deli Serdang yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK, MH, didampingi Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Agus Sugiyarso S.I.K dan Kasat Reskrim, Kompol I Kadek Hery Cahyadi SIK, SH MH, bersama personil Sat Reskrim.

Pada keterangannya, Kombes Pol Irsan Sinuhaji kepada awak media yang hadir, menjelaskan terkait kronologis kejadian penangkapan, dimana akhirnya petugas berhasil mengamankan sembilan orang tersangka.

Kesembilan pelaku yang diketahui masih berstatus pelajar SMP dan SMA berinisial IYS, SJM, RA, DSH, VZN, CIM, HA, DRA, dan DPY.

Informasi yang dihimpun, para tersangka yang diamankan ini tergabung dalam kelompok Geng Motor Garuda Hitam (GH) yang sudah meresahkan masyarakat.

Adapun kronologis kejadian, berawal dari terjadinya perselisihan antara salah satu anggota GH dengan anggota geng motor Z (Zervanos), di kawasan Galang, pada Minggu (22/5/2022) lalu.

Kemudian, anggota GH tersebut melaporkan kepada teman-temannya, bahwa ia telah dipukuli.

Mendengar keterangan tersebut, satu orang anggota, berinisial MRA (masih dalam pencarian / DPO) mengarahkan teman – teman lainnya untuk melakukan aksi balas dendam.

Hingga pada hari Sabtu (28/5/2022), sekitar pukul 22.00 WIB, usai mengetahui informasi keberadaan tim Geng Motor Z, di salah satu kawasan cafe yang ada di Galang, selanjutnya sekitar 100 orang anggota Geng GH berkumpul dan mengendarai sepeda motor sekitar 50 unit menuju ke lokasi tersebut, tepatnya di Cafe Pos Tiga, Jalan Sersan Arifin, Kelurahan Galang Kota, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang.

Ketika melihat jumlah Geng GH yang datang sangat banyak, kelompok Z yang ada di lokasi pun segera kabur.

Alhasil, Geng GH tidak berhasil menemui anggota Geng Z, namun berlanjut dengan melakukan pengerusakan secara bersama-sama di cafe tersebut dengan melempari batu dan melakukan pengerusakan dengan menggunakan pisau jenis celurit.

Pemilik Cafe yang kaget dan tidak terima dengan apa yang dilakukan oleh Anggota GH, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Galang.

Dengan sigap, Polsek Galang bersama dengan Polsek Pagar Merbau, akhirnya berhasil mengamankan 5 orang pelaku, beserta barang bukti dan dilakukan pemeriksaan.

Kemudian mendapat info beberapa teman mereka ditangkap polisi, anggota GH kembali akan melanjutkan aksi balas dendam kepada Geng Z, tepatnya pada Minggu (29/5/2022) malam, namun ini dapat digagalkan oleh personil Polsek Galang dan Pagar Merbau yang pada saat itu melaksanakan Patroli Gabungan secara rutin.

Setelah berhasil melakukan pengembangan kasus, Sat Reskrim Polresta Deli Serdang akhirnya berhasil mengamankan pelaku lainnya dan kini total dari tersangka yang diamankan sejumlah 9 orang.

Saat ditanya awak media hal kelanjutan kasus ini, Kapolresta Deli Serdang mengatakan, bahwa pihaknya tetap berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Anak / BAPAS karena diketahui, usia para tersangka masih di bawah umur.

“Kita masih melakukan pengembangan dan akan tetap lakukan pencarian kepada para tersangka lainnya, ” tegas Kapolresta.

“Kepada para tersangka juga dijerat pasal 170 ayat (1) Subs Pasal 406 ayat (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman selama-lamanya 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan,” pungkasnya.

Diakhir keterangannya, Kapolresta berpesan khususnya kepada seluruh orang tua agar dapat mengawasi pergaulan anak-anaknya. Agar jauh dari tindakan-tindakan yang dapat membahayakan dirinya maupun orang lain disekitar.

“Kami Polresta Deli Serdang tidak akan ragu-ragu dan akan bertindak tegas kepada seluruh tindakan yang dapat mengakibatkan gangguan Kamtibmas yang mengganggu kenyamanan masyarakat,” tegas Kapolresta Deli Serdang mengakhiri keterangannya.

 

(Rel/ML.hrp)