Beranda Hukum Polsek Lambu Kibang Tangkap Komplotan Pelaku Curat, Termasuk Penadah Ikut ‘Digulung’

Polsek Lambu Kibang Tangkap Komplotan Pelaku Curat, Termasuk Penadah Ikut ‘Digulung’

75
0
Para pelaku curat dan barang bukti yang diamankan Polisi.
Loading...

Tulang Bawang, buktipers.com – Polsek Lambu Kibang, berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan (Curat), di rumah kosong, yang sedang ditinggal penghuninya.

Kapolres Tulang Bawang, AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH, melalui Kapolsek Lambu Kibang, Iptu Abdul Malik mengatakan, peristiwa curat tersebut, terjadi pada hari Jumat (30/8/2019), lalu, sekira pukul 21.00 WIB, di Tiyuh/Kampung Indraloka Jaya.

“Adapun identitas korban, yaitu, Heri Purnomo (35), berprofesi tani, warga Tiyuh Indraloka Jaya, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 95 / IX / 2019 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Kibang, tanggal 4 September 2019,” ujar Iptu Malik, Kamis (5/9/2019).

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian, dua buah sangkar burung, burung kacer dan HP (handphone) merk Samsung Galaxy Young 2 warna hitam, yang semua ditaksir seharga Rp. 5 Juta.

Baca Juga!  Pemuda Asal Bujuk Agung Ditangkap Lagi Pesta Sabu

Kejadian curat ini, lanjutnya, bermula pada hari Jumat (30/8/2019), sekira pukul 19.00 WIB, saat korban keluar rumah,  menjemput anaknya yang dititipkan, di rumah orang tuanya.

Posisi rumah orang tuanya tersebut, berada satu kampung dengan korban, dan sekira pukul 21.00 WIB, korban pun pulang ke rumahnya. Setiba di rumah, korban langsung masuk melalui pintu depan, lalu menuju ke dapur.

Di sana, korban melihat dua buah sangkar burung, yaitu, burung kacer dan HP miliknya sudah hilang.

Diperkirakan, para pelaku masuk ke dalam rumah korban, melalui atap kamar mandi, lalu kabur melalui pintu belakang.

“Berbekal laporan dari korban, petugas terus melakukan penyelidikan untuk mencari pelakunya. Berkat keuletan dan kegigihan petugas di lapangan, pada hari Rabu (4/9/2019), sekira pukul 14.30 WIB, di Kampung Karang Mulya, Kecamatan Way Serdang, para pelaku berhasil ditangkap,” ungkap Iptu Malik.

Baca Juga!  APK Caleg Ini Dinilai Langgar Prinsip Lingkungan Hidup

Adapun identitas para pelaku, yaitu, RU (15), berprofesi buruh, SU (36), JI (20) dan IT (29), yang sama-sama berprofesi tani. Mereka merupakan warga Kampung Karang Mulya, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji.

Pertama ditangkap adalah pelaku IT, dan dari tangan pelaku ini, petugas berhasil menyita barang bukti (BB), berupa HP merk Samsung Galaxy Young 2 warna hitam. Dari keterangan pelaku ini, BB tersebut didapatnya dengan membeli dari pelaku JI, seharga Rp. 50 ribu. Petugas lalu menangkap pelaku JI. Dan dari keterangan pelaku JI, bahwa HP didapatnya dari pelaku RU, dengan cara barter dengan seekor burung merpati nantinya.

Petugas lalu menangkap pelaku RU, dan menurut keterangan dari pelaku saat ditangkap, bahwa dia melakukan pencurian bersama dengan pelaku SU.

Baca Juga!  Polres Tapteng Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Santi Devi Malau, 25 Adegan Diperagakan

Lalu dilakukan penangkapan terhadap pelaku SU, di rumahnya. Petugas berhasil menyita BB, berupa dua buah sangkar burung.

Saat ini, para pelaku sudah ditahan di Mapolsek Lambu Kibang, dan untuk pelaku RU dan SU akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHPidana, tentang pencurian dengan pemberatan.

Mereka diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.

Sedangkan pelaku JI dan IT akan dijerat dengan Pasal 480 KUHPidana, tentang penadahan barang hasil kejahatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 4 tahun, tegasnya.

(Jun)

Loading...