Positif Covid-19, Pasien RSUP Adam Malik Meninggal usai Lahirkan Bayi Kembar

0
3
Ilustrasi pasien terpapar corona meninggal (Foto: Antara)

Medan, buktipers.com – Seorang penderita Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik yang merupakan ibu hamil berinisial MA (30) meninggal dunia usai melahirkan sepasang bayi kembar. Setelah tiga hari kematian sang ibu, satu anak kembarnya meninggal dunia.

Kasubbag Humas RSUP Adam Malik, Rosario Dorothy mengatakan MA menjalani perawatan di rumah sakit itu sejak Senin (31/8/2020) lalu. Saat itu, korban tengah hamil besar dan dinyatakan positif Covid-19.

Pada hari Kamis (3/9/2020), MA menjalani proses persalinan dan melahirkan sepasang anak kembar. Namun sesaat setelah melahirkan, MA meninggal dunia.

“Sedangkan kedua bayinya lahir dengan kondisi umur dan berat badan sangat rendah,” kata Rosa, Rabu (9/9/2020).

Akibat kondisi yang kurang baik, bayi berjenis kelamin laki-laki meninggal dunia pada Minggu (6/9/2020). Sedangkan kembarannya yang berjenis kelamin perempuan saat ini masih menjalani perawatan intensif di ruang isolasi khusus Perinatologi RSUP Adam Malik.

“Sehingga berbeda dengan orang dewasa, kedua bayi kembar ini statusnya adalah suspek Covid-19,” ucapnya.

Rosa juga mengakui, saat ini pihak tim medis masih memiliki kendala dalam menangani bayi perempuan tersebut. Hal ini karena kondisi kesehatan bayi tersebut kurang baik akibat berat badan yang rendah dan berstatus pasien suspek Covid-19.

“Bayi ini harus dirawat secara intensif. Untuk berat badan bayinya, hanya sekitar 1.000 gram-an saja,” katanya.

Rosa menambahkan, dalam perawatan bayi ini juga, secara prosedur tim medis harus melakukannya dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap.

“Namanya suspek Covid-19 ya harus tetap pakai APD lengkap,” ucapnya.

 

Sumber : iNews.id