PPDB Online di Sumut Kacau, Edy Rahmayadi Minta Maaf

0
1
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Pengumuman seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Sumatera Utara 2021 menuai protes dari orang tua siswa khususnya dari jalur prestasi. Salah satu penyebab kekacauan karena website sulit diakses dan error hingga mengundang protes.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi akhirnya angkat bicara akibat kekacauan proses seleksi PPDB Online tersebut. Dia mengatakan akan mengevaluasi pelaksanaan PPDB Online tahun 2021 ini.

“PPDB pasti ada evaluasi, jadi tiap tahun dan bukan hanya Sumut. Untuk itu saya minta maaf juga kepada masyarakat semuanya, ini kami evaluasi,” kata Edy, Selasa (22/6/2021).

Terkait keberadaan website PPDB yang sulit diakses dan error, Edy juga mengatakan pihaknya akan segera melakukan perbaikan.

“Masalah menggunakan IT, ini yang perlu semua orang memahami tentang itu. Kalau itu yang jadi persoalan nanti kami perbaiki kedepannya harus ada perbaikan,” ujarnya.

Terkait persoalan PPDB 2021 kali ini, Edy mengatakan banyaknya persoalan tersebut karena kepala Dinas Pendidikan Sumut baru saja menjabat. Karena itu, pihaknya akan mengevaluasi secara menyeluruh persoalan tersebut.

“Ini kan kadisnya juga masih baru. Ada tiga hal yang harus dia tuntut, dan hanya satu persoalan untuk zonasi itu yang jadi persoalan,” ucapnya.

Edy meminta panitia PPDB 2021 untuk objektif dalam menentukan kelulusan siswa. Dia juga meminta kepada semua pihak untuk mengawasi jalannya PPDB 2021.

“Yang paling ribet kalau anak kami tak lulus, itu yang jadi ribet. Nanti itu selesai ada yang tak lulus pasti ribut dia jadinya. Tapi sekolah harus objektif, tak ada main-main di situ. Ada kesalahan di pihak petugas, ini yang harus kami koreksi dan perbaiki,” ujar Edy.

 

Sumber : iNews.id