Pra TMMD ke-105, Kodim 0117/Aceh Tamiang Selesaikan Rehab 4 Unit Rumah

0
247
Rumah siap huni setelah siap direhab.
Dijual Rumah

Buktipers.com – Aceh Tamiang (NAD)

Pra pelaksanaan TMMD ke-105 Tahun 2019, Komando Distrik Militer(Kodim) 0117/Aceh Tamiang, membatu warga selesaikan 4 unit rumah siap yang siap huni, melalui program RTLH, pada beberapa desa di Kecamatan Sekrak, Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni, merupakan salah satu program TNI, khususnya Kodim 0117 Aceh Tamiang untuk membantu warga masyarakat pra pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), ungkap Komandan Kodim (Dandim), Letkol Inf. Deki Rayusyah Putra S.Sos. M.I Pol, pada Buktipers.com, via WhatsApp,  Minggu (30/7/2019).

Menurut Dandim 0117, dalam kegiatan RTLH ini, pihaknya menurunkan 10 personil prajurit, dibantu 15 orang warga di kegiatan hari ke 8 pra pelaksanaan TMMD Ke-105 TA. 2019.

Kondisi rumah sebelum direhab.

“Adapun yang telah dilaksanakan pemasangan atap dan pembuatan dinding rumah dalam pembangunan RTLH, diantaranya di Desa Pematang Durian dan Desa Juar dalam Kecamatan Sekerak, total ada 4 unit rumah telah selesai dikerjakan dan siap huni,”ujar  Dandim 0117.

Dandim 0117 juga menjelaskan,  bahwa sebelum program RTLH dilaksanakan, pihaknya  telah berkoordinasi dengan Forkopimcam dan Datuk setempat, beserta aparat kampong, terkait sasaran rumah yang didaftar tidak layak huni untuk diperbaiki.

Hal itu agar bantuan RTLH  yang diberikan tepat sasaran dan langsung terasa pada warga yang membutuhkannya, tutup Dandim 0117.

Suasana saat rumah sedang direhab.

Salah seorang warga, ketika dimintai tanggapannya terkait kehadiran personil Kodim di kampungnya dalam kegiatan RTLH  pra TMMD, sangat apresiasi melihat kemanunggalan TNI dengan masyarakat, karena warga  bersama TNI bahu nembahu dalam kegiatan tersebut.

Bagaimana kami tidak terharu, rumah kami yang mau rubuh itu,  tiba-tiba diperbaiki oleh personil TNI tanpa dipungut biaya,  pungkasnya sambil berlalu.

 

(Tarmizi Puteh / Red)