Presiden Jokowi Kunjungi Kawasan Danau Toba dan Akan Keliling Lintas Kabupaten

0
403
Presiden Republik Indonesia, Jokowi, saat disambut Bupati Simalungun, JR Saragih. (Foto/Stg)
Dijual Rumah

Simalungun, buktipers.com – Presiden RI, Joko Widodo, mengunjungi kawasan Danau Toba dan sekitarnya, selama tiga hari, dimulai Senin (29/7/2019) – Rabu (31/7/2019).

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut kehadiran RI I.

Kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan, disambut Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan sejumlah Kepala Daerah, di Bandara Silangit, Senin (29/7/2019) lalu.

Adapun rangkaian kegiatan Presiden, diantaranya, mengunjungi objek wisata Sipinsur di Humbang Hasundutan, sekaligus menggelar pertemuan terbatas terkait pengelolaan Danau Toba.

Serta mengunjungi dermaga Muara Taput, sebelum melanjutkan pertemuan bersama para Bupati se-kawasan Danau Toba.

Pada hari kedua, Selasa (30/7/2019), Presiden bersama Menko Maritim, Luhut Panjaitan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menkumham, Yassona Laoly akan mengunjungi lokasi Salib Kasih Tarutung Taput. Dilanjutkan kunjungan ke Pasar Siborong-borong dan Geosite Sibisa di Tobasa. Kunjungan hari kedua, dilanjutkan ke Samosir, melalui pelabuhan Ihan Batak, di kecamatan Ajibata melalui kota wisata Parapat.

Kepala Koordinator Pelabuhan, E Tobing, menyerahkan surat izin berlayar kepada ABK Ihan Batak. (Foto/Stg)

Sebelum rombongan Presiden berangkat menuju Kabupaten Samosir, menggunakan KMP Ihan Batak, Kepala Koodinator Pelabuhan Ihan Batak, E Tobing SH, menyerahkan Surat Izin Berlayar kepada ABK KMP Ihan Batak.

Di Kabupaten Samosir, rombongan Presiden yang didampingi Gubernur Edy Rahmayadi juga akan mendatangi tempat-tempat wisata, seperti Pasar Souvenir, Pantai Pasir Putih Parbaba, Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba Sigulatti serta lokasi lainnya. Direncanakan, Joko Widodo akan bermalam di Samosir.

Sementara hari terakhir kunjungannya, Rabu (31/7/2019), rombongan RI 1 akan menyambangi lokasi Peternakan Sapi, di Desa Parsingguran Kecamatan Pollung Humbahas. Sebelumnya Presiden juga kemungkinan akan singgah di Menara Pandang Tele yang menjadi satu lokasi wisata andalan di Kabupaten Samosir.

Hingga berita ini diturunkan, ribuan masyarakat setempat, bersama wisatawan dan unsur pemerintah daerah telah menunggu kedatangan rombongan Presiden, di Lapangan Ambarita yang akan akan membagikan sertifikat tanah kepada warga.

Jokowi direncanakan menginap satu malam di Kabupaten Samosir.

 

(Stg)