Profil Rara Istiati Pawang Hujan Mandalika, Bayarannya Tembus Ratusan Juta

0
1
Foto: (Twitter)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Baru-baru ini sosok Rara Istiati Wulandari yang akrab dipanggil Mbak Rara sedang banyak diperbincangkan para warganet, atas aksinya sebagai Pawang Hujan Mandalika yang diklaim mampu mengusir hujan saat pergelaran MotoGP 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Minggu (20/3/2022), Pawang Hujan Mandalika tersebut mengenakan jaket berwarna merah dan hitam sambil berjalan-jalan tanpa alas kaki di area sepanjang lintasan.

Diberitakan sebelumnya, hujan awalnya mengguyur Mandalika dan sekitar pukul 14.00 WITA atau setelah race Moto3 selesai. Balapan MotoGP Mandalika yang semula dijadwalkan berlangsung pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB ditunda, karena hujan deras. Sehingga, Fabio Quartararo dan kawan-kawan akhirnya batu bisa beraksi di lintasan pada 15.15 WIB.

Aksi dan kehadiran Pawang Hujan Mandalika itu pun berhasil menyita perhatian publik, baik yang sedang menonton langsung di area balapan maupun di sosial media.

Lalu, siapa sosok Pawang Hujan Mandalika itu? Berikut adalah profil sosok Pawang Hujan Mandalika yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

Belajar Pawang dari Kecil

Pawang Hujan Mandalika itu bernama lengkap Raden Roro Istiati Wulandari lahir di Papua pada 22 Oktober 1983. Meski lahir di Papua, Rara ara adalah penganut kejawen ini berdarah Jawa dan tinggal di Bali.

Rara yang kini tinggal di Bali sudah lama mempelajari ilmu menjadi ‘pawang hujan’, sejak dirinya masih kecil. Dilansir dari CNN (20/3/2022), Rara mulai belajar pawang sejak umur sembilan tahun.

Punya Ritual dan Mantra Khusus

Dalam aksinya sebagai Pawang Hujan Mandalika, Rara juga tampak membawa alat-alat khusus seperti mangkok emas untuk meredakan hujan di area lokasi. Sesekali dia juga berhenti sambil membacakan mantra dan mengangkat alat-alatnya ke atas.

Uniknya, pada saat ritual dirinya juga tidak boleh lapar. Rara menjelaskan bahwa dirinya tidak menikah dan tidak makan daging hewan berkaki empat.

Langganan Jadi Pawang Hujan Acara Besar

Rara adalah pawang hujan yang sudah malang melintang di pentas dan acara-acara besar nasional. Rara memang telah diminta secara khusus oleh pihak penyelenggara, yakni Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Dorna untuk memastikan tidak turun hujan selama acara berlangsung.

Selama bertugas sebagai Pawang Hujan Mandalika, perintah bisa datang kepadanya sejam sekali lewat telepon.

Berdasarkan informasi yang beredar di internet, Rara mendapat bayaran yang cukup besar sebagai Pawang Hujan Mandalika ajang MotoGP 2022. Bahkan, total bayaran yang ia dapatkan itu bisa mencapai 3 digit atau ratusan juta rupiah untuk 21 hari kerja.

Event MotoGP 2022 ini sendiri, bukanlah acara besar pertama dirinya menjadi agen penolak sekaligus pemanggil hujan. Sebelumnya, ia juga sempat menjadi pawang hujan untuk acara vaksinasi massal, kampanye Presiden Jokowi, hingga upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Nah, itu tadi informasi tentang profil sosok Mbak Rara yang jadi Pawang Hujan Mandalika pada gelaran lomba balap MotoGP 2022.

 

Sumber : detik.com