Profil Singkat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

0
5
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Instagram)
Dijual Rumah

Jakarta,  buktipers.com – Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri pada Rabu, 27 Januari 2021. Setahun kemudian, terjadi kasus pembunuhan Brigadir J oleh Ferdy Sambo.

Karena kasus tersebut, sosok Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun menjadi sorotan. Berikut biodata singkat Listyo Sigit Prabowo.

Latar Belakang

Pendidikan Jenderal Sigit Prabowo dimulai dari Akademi Kepolisian (Akpol), lulus tahun 1991. Kariernya dimulai dari memimpin Polsek Duren Sawit pada 1999 dan Polsek Tambora pada 2003. Sosok yang diharapkan dapat memperbaiki dan memajukan kinerja kepolisian dalam kasus HAM dan memberantas korupsi ini lahir pada 5 Mei 1969 di kota Ambon-Maluku.

Pencapaian Karier

Kariernya menanjak setelah diangkat menjadi Kapolres Kota Surakarta pada 2011. Ia baru pindah ke Jakarta setelah selesai bertugas di Solo. Listyo diangkat menjadi Kepala Sub Direktorat II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada tahun 2012.

Keberadaannya di dekat Presiden, sudah terlihat sejak Jokowi menjabat sebagai wali kota Solo. Sehingga tidak mengherankan, ketika Jenderal Listyo Sigit diangkat menjadi ajudan Presiden Jokowi, saat memenangkan Pilpres 2014.

Pemegang gelar Magister Ilmu Kepolisian di Universitas Indonesia ini juga sempat mengepalai Polisi Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada 2018. Setahun kemudian, tahun 2019, ia kembali ke bidang reserse menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri menggantikan Idham Aziz.

Prestasi Listyo yang menjadikannya cukup berpotensi menjadi Kapolri karena ia sudah mampu menangani 485 perkara korupsi dan menyelamatkan uang negara sebanyak Rp310 triliun.

Jabatan

Amanah yang pernah diemban oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo

  1. Ajudan Presiden RI (2014)
  2. Kapolda Banten (2016)
  3. Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2018)
  4. Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (2019)
  5. Kapolri (2021 hingga saat ini)

 

Sumber: Suara.com