Proyek Irigasi Milyaran Rupiah Milik Dinas PU Tebing Tanpa Plang, Berpotensi Dimanipulasi

0
467
2017-10-15_08.26.58
Loading...

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Proyek pekerjaan pembuatan irigasi milyaran rupiah yang diduga milik Dinas PU Tebing Tinggi di Kelurahan Bulian, Kecamatan Bajenis, tepatnya di lingkungan V di belakang perumahan Purnama Deli, Tebing Tinggi tanpa plang dan terindikasi asal jadi.

Dari hasil pantauan BuktiPers.Com di lokasi, Sabtu (14/10) sore sekira pukul 17.00 WIB
terlihat proyek tanpa plang. Saat awak media mencari plang, terlihat ada bekas plang yang tumbang dan telah koyak, tanpa ada perbaikan dari rekanan pemborong banggunan tersebut.

Saat ditanyakan pada pekerja bangunan, hanya menjawab bahwa plang itu dulu ada. Tapi entah siapa yang menumbangkan dan menggoyakan plang tersebut, mereka mengatakan tidak mengetahuinya.

Baca Juga!  Masyarakat Madina Minta Kapolres Periksa Kadis Pertanian Madina

Dan saat pihak dinas PU melalui Kabid penggairan Nasrullah dihubunggi melalui no Hp selulernya, malah membantah kalau proyek itu bukan milik Dinas PU. Padahal banyak sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa proyek tersebut adalah milik Dinas PU Tebing Tinggi.

Padahal secara umum, terkait pemasangan papan nama proyek, ada sejumlah peraturan perundang-undangan yang dapat menjadi rujukan, dan wajib mematuhi aturan yang berlaku antara lain yaitu:

1. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”)

2. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (“Permen PU 12/2014”)

Sebelum dan selama kegiatan membangun dilaksanakan harus dipasang papan proyek yang mencantumkan nama proyek, nama pemilik, lokasi, tanggal izin, pemborong, dan Direksi Pengawas dengan cara pemasangan yang rapi dan kuat serta ditempatkan pada lokasi yang mudah dilihat.

Baca Juga!  Anggota DPRD Sidimpuan Timbul P Simanungkalit Laporkan Pembangunan RSUD Padangsidimpuan

Dalam hal proyek cukup besar, atau berada pada pekarangan yang luas maka papan proyek tersebut harus dipasang pada beberapa tempat yang mudah dilihat.

Terkait hal ini, diminta pada pihak berwenang agar segera turun memantau proyek pekerjaan yang diduga milik Dinas PU ini, agar jangan sampai ada korupsi didalam dan dapat merugikan pemerintah. (Dav/Red)

Loading...