Proyek Paving Block di Desa Pematang Pelintahan Dipertanyakan Masyarakat

0
8
Proyek paving block di Desa Pematang Pelintahan dipertanyakan masyarakat karena tidak terlihat papan informasi proyek di lokasi.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Proyek pemasangan paving block, di Dusun I Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), jadi pertanyaan masyarakat.

Karena kegiatan ini diduga dikerjakan asal jadi dan tidak transparan karena tidak terlihat papan informasi proyek  di lokasi.

Dengan demikian, pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara, wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya.

Dan dinilai tidak mengindahkan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Salah satu warga yang identitasnya tak mau disebutkan kepada wartawan, Senin (13/12/2021), di lokasi proyek menyampaikan, seharusnya pihak pelaksana / kontraktor memasang papan informasi, sehingga masyarakat bisa ikut serta dalam mengawasi dan mengetahui sumber anggaran itu bersumber dari mana dan berapa besarannya.

“Kita gak tau pemasangan paving block ini anggaranya dari mana, karena tanpa papan proyek apakah desa atau Kabupaten,”ujarnya penuh tanda tanya.

Ditegaskannya, masyarakat Dusun I Pematang Pelintahan berharap Kepala Desa Pematang Pelintahan harus transparan dalam menggunakan anggaran Dana Desa.

Terpisah, Kepala Desa Pematang Pelintahan, Khoirul Anwar Rangkuti saat dikonfirmasi wartawan hingga berita ini disajikan ke redaksi, tidak menjawab atau tidak membuka pesan yang masuk.

 

(ML.hrp)