Proyek Siluman Mulai Bermunculan Di Simalungun

0
812
IMG_20170721_145116

Bukti Pers – Simalungun (Sumut)

Pengerjaan proyek tanpa adanya plang papan nama proyek, patut diduga sebagai proyek siluman. Entah karena unsur keteledoran atau kesengajaan, sejumlah pekerjaan proyek di Kabupaten Simalungun tidak memasang plang papan nama proyek pada proyek yang dikerjakan.

Hal itu, sangat bertentangan dengan semangat keterbukaan dan transparansi yang dituangkan Pemerintah dalam Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

Hasil pantauan Bukti Pers di lapangan, Jumat (21/7/2017) di beberapa Kecamatan sudah berlangsung pengerjaan proyek pada beberapa saluran irigasi. Namun sangat disayangkan sikap dari sejumlah oknum kontraktor proyek yang enggan memasang plang papan nama proyek yang dikerjakan.

Seperti halnya pembangunan saluran irigasi di Daerah Irigasi Sitampulak, di Kecamatan Tanah Jawa sedang berlangsung proyek yang diduga dari Dinas PSDA Simalungun tanpa plank proyek sehingga kerap menimbulkan kecurigaan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Ketua LSM PPLH (Pengamat Pembangunan Lingkungan Hidup) Siantar – Simalungun, Jamidin Hutagalung, mengatakan sangat menyayangkan tindakan rekanan yang tidak memasang plang proyek pada pekerjaannya.

Jamidin juga meminta agar Dinas terkait memberikan himbauan atau teguran keras kepada seluruh rekanan yang mengerjakan proyek tanpa memasang papan nama atau plang proyek. (01/Red)