Proyek Swakelola di SMA Negeri 1 Sipispis Tidak Libatkan  Warga Desa Buluh Duri

0
55
Proyek Swakelola di SMA Negeri 1 Sipispis.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Pembangunan 3 unit ruangan baru, di SMA Negeri 1 Sipispis, jalan A.Yani Gunung Pamela, Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang anggarannya berasal dari aliran dana DAK Tahun 2020 Provsu, dan menelan biaya senilai Rp.1 Miliar lebih, tidak melibatkan warga sekitar.

Pantauan awak media, Selasa (20/10/2020), proyek swakelola itu tampak sedang dalam pengerjaan, yaitu, 1 ruang kelas baru, 1 ruangan laboratorium dan 2 unit kamar mandi. Dan termasuk dalam pengadaan mobiler, juga diduga melanggar aturan.

Satu bangunan ruang kelas baru yang sedang dikerjakan terlihat dan tercantum papan informasi.

Namun, kedua bangunan ruangan yang berbeda yakni bangunan laboratorium dan bangunan kamar mandi, tidak terlihat papan informasi sehingga tidak diketahui, berapa besar anggarannya.

Disaat wartawan mencoba mengkonfirmasi hal itu, ternyata sang Kepala Sekolah, sedang tidak berada di tempat.

Sementara, Sukamdani selaku kepala tukang pengerjaan 3 unit bangunan di sekolah tersebut, kepada wartawan, mengatakan, sebelumnya papan informasi bangunan ruang laboratorium dan kamar mandi tersebut sudah terpasang.

“Namun, lantaran banyaknya hewan ternak, seperti lembu warga, masuk ke dalam sekolah, sehingga tidak dipasang lagi Pak, “ucapnya.

Anehnya, SMA Negeri 1 Sipispis ini, dikelilingi pagar tembok.

Ditanya, berapa besaran dana pembangunan 1 ruang laboratorium dan 2 kamar mandi tersebut? Sukamdani mengatakan bahwa semua bangunan yang baru itu, yakni 1 ruang kelas, 1 ruang laboratorium dan 2 kamar mandi dan mobilier, lebih Rp1 miliar.

Sementara, M Syarif (70), salah seorang tokoh masyarakat Desa Buluh Duri, kepada wartawan, mengatakan, bahwa pengerjaan ruang baru di SMA Negeri 1 Sipispis itu, sama sekali tidak melibatkan warga Desa Buluh Duri. Dan pekerjanya dari Desa Si Malas. Padahal pembangunan ruang kelas baru dan ruang laboratorium serta kamar mandi melalui swakelola, dan bangunan tersebut sudah jadi sorotan masyarakat, ucap  M Syarif.

Rasimin Saragih, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sipispis saat dikonfirmasi perihal proyek swakelola itu, melalui telepon, mengatakan, pekerjanya tidak mesti masyarakat Buluh Duri yang penting pekerjanya masyarakat Kecamatan Sipispis.

(ML.hrp)