PSBB Membatasi 3 Kegiatan Ini, Salah Satunya Sekolah dan Tempat Kerja

0
70
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (dok Antara)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Penanganan virus Corona yang ditempuh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan cara Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB nantinya akan membatasi minimal tiga kegiatan.

Presiden Jokowi menerapkan kebijakan tersebut dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), tertanggal 31 Maret 2020. Salah satunya melakukan pembatasan di sekolah dan tempat kerja.

Aturan tersebut ada di Pasal 4, PSBB paling sedikit meliputi peliburan sekolah atau tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, dan pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.

“Pembatasan Sosial Berskala Besar paling sedikit

meliputi:

a.peliburan sekolah dan tempat kerja;

b.pembatasan kegiatan keagamaan; dan/atau

c.pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum,” tulis petikan PP itu sebagaimana dilihat iNews.id, Rabu (1/4/2020).

Pengertian mengenai PSBB tertuang di Pasal 1. Penduduk dibatasi kegiatannya untuk mencegah virus Corona.

“Dalam Peraturan Pemerintah ini, yang dimaksud dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-191 sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-I9),” tulis PP itu.

Lebih lanjut, di Pasal 2 ayat 1 menyebutkan pemerintah daerah (pemda) dapat melakukan pembatasan orang atau barang di satu provinsi atau kabupaten tertentu dengan persetujuan menteri terkait. Lalu di Pasal 2 disebutkan, penetapan PSBS harus berdasarkan pertimbangan ancaman efektifitas, dukungan sumber daya, pertimbangan politik, ekonomi, sosial,budaya, pertahanan, dan keamanan.

Seperti diketahui, sejumlah daerah menerapkan status tanggap darurat seperti di DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta siswa dan PNS di lingkungan Pemprov DKI berkegiatan dari rumah hingga 19 April 2020.

 

Sumber : iNews.id