Beranda Sumut PT STP Hijaukan Lahan Kritis Kawasan Danau Toba

PT STP Hijaukan Lahan Kritis Kawasan Danau Toba

284
0
PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) turut melakukan penghijauan di lahan kritis sekitar Danau Toba. Tepatnya di perbukitan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Sabtu (9/3/2019), lalu.

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) turut melakukan penghijauan di lahan kritis sekitar Danau Toba. Tepatnya di perbukitan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Sabtu (9/3/2019), lalu.

Program yang digagasi PT STP ini, menggandeng pihak NBadan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Simalungun, satuan karya Gerakan Pramuka Kalpataru cabang Simalungun, Uspika Kecamatan Haranggaol dan bersama masyarakat.

Camat Haranggaol Horison, Sabolas Pasaribu, berterimaksih kepada Pemkab Simalungun dan Japfa, karena sudah menggagasi penanaman berbagai jenis pohon, di perbukitan Haranggaol yang saat ini sudah gundul, sehingga kedepan pohon yang sudah ditanami tumbuh dengan baik sebagai tangkapan air danau dan penyokong bukit.

Baca Juga!  PT Suri Tani Pemuka Bersama LSP-KP Laksanakan Sertifikasi Pelaku Industri Kelautan dan Perikanan

Selain aksi menanam pohon, dia juga mengapresiasi aksi bersih-bersih,  di sepanjang pesisir pantai Haranggaol, sehingga tampak bersih dari sampah. Dan sebagai promosi kepada masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan lingkungan kawasan Danau Toba, katanya.

Government Relation Manager PT Japfa, Andhi Trapsilo, mengatakan, bahwa pihaknya selalu mendukung program pemerintah, dalam upaya menjaga kebersihan dan menghijaukan kembali Danau Toba,.

Karena Danau Toba ini  program unggulan pemerintah pusat dan salah satu bagian dari  program pemerintah untuk menjadikan kawasan danau vulkanik ini, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, katanya.

Andhi juga menuturkan, bahwa wilayah sasaran program penghijauan yaitu perbukitan Haranggaol Horison yang terletak di Kabupaten Simalungun.

Baca Juga!  Wagubsu Ingatkan Bupati se Kawasan Danau Toba Jaga Lingkungan

Daerah tersebut dipilih PT Japfa untuk menjadi lokasi ketiga  yang akan ditanami dengan tanaman endemic, di sekitar Danau Toba, karena berapa tahun yang lalu, PT Suri Tani Pemuka juga sudah pernah melakukan hal yang sama di Tiga Ras dan Tanjung Unta, katanya.

Andhi Trapsilo juga menjelaskan, bahwa pohon – pohon yang ditanami berupa pohon durian sebanyak 1500 batang dan tanaman lainnya. Bibit pohon durian tersebut didatangkan dari Bapedas  Simalungun, dan pohon tersebut sesuai dengan permintaan masyarakat setempat, mengingat kondisi perbukitan di seputaran Danau Toba sudah mulai gundul, jelas Andhi.

Andhi menambahkan, berbagai upaya yang telah dilakukan membuat STP telah tersertifikasi, sebagai perusahaan dengan cara budidaya ikan yang dinilai sangat baik dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga!  Antisipasi Longsor, BP2LHK Sarankan Tanam Bambu di Perbukitan yang Gundul

(Stg)

Loading...