Puluhan Calon Pekerja Migran Ilegal Naik Kapal Tanpa Nama Ditangkap di Asahan

0
1
TNI Angkatan Laut menggagalkan penyeludupan puluhan PMI ilegal di Perairan Silo Baru, Kabupaten Asahan, Sumut. Selasa (15/3/2022) . (Foto: Dok TNI AL)
Dijual Rumah

Tanjungbalai, buktipers.com – Puluhan PMI ilegal diangkut menggunakan kapal motor (KM) tanpa nama di Perairan Silo Baru, Kabupaten Asahan, Sumut, ditangkap, Selasa (15/3/2022).

Kapal itu diawaki seorang nakhoda serta tiga anak buah kapal (ABK). Kapal itu memuat 23 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan yang diduga calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan diselundupkan ke Malaysia melalui jalur tidak resmi (ilegal).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Aan Prana Tua Sebayang mengatakan bahwa petugas bergerak setelah mendapatkan informasi yang langsung ditindaklanjuti dengan melaksanakan pengintaian dan penyisiran di sekitar perairan Bagan Asahan sampai Silo Baru.

“Sekitar Pukul 04.30  tim berhasil menangkap dan mengamankan kapal kayu tanpa nama di Perairan Bagan Asahan, setelah dicek awal di lapangan, penumpang diduga calon PMI Ilegal,” katanya dikutip dari iNewsMedan.id, Selasa (15/3/2022).

Selanjutnya  petugas membawa kapal kayu tersebut menuju Posmat Bagan Asahan untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Saat ini KM tanpa nama diamankan di Posbabinpotmar Bagan Asahan sedangkan Nakhoda dan ABK serta Calon PMI ilegal akan dimintai keterangan di Mako Lanal Tanjung Balai Asahan sebelum dilimpahkan kepada petugas berwenang untuk proses lanjutan,” katanya.

 

Sumber : iNews.id