Puting Beliung Terjang Deliserdang, Belasan Rumah Rusak

0
1
Kondisi salah satu rumah warga setelah puting beliung menerjang Desa Marindal II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang. (Foto: Istimewa)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Angin puting beliung menerjang Desa Marindal II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara (Sumut), Minggu (30/5/2021) malam kemarin. Akibatnya, belasan rumah warga dilaporkan rusak. Menurut warga setempat, kerusakan rumah terutaman di bagian atap yang terbawa angin.

Sebagian rumah juga rusak di bagian dinding bangunan akibat kuatnya terjangan angin.

Salah seorang warga, Epi Daulay, menceritakan, puting beliung terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu lingkungan mereka tengah diguyur hujan ringan.

“Awalnya hujan gerimis, tiba-tiba ada angin kencang dan ribut sekali suaranya. Setelah itu baru seng (atap) rumah beterbangan,” kata Epi, Senin (31/5/2021).

Epi mengatakan, saat puting beliung meladan desanya, dia sedang mencuci pakaian di kamar mandi. Mengetahui kuatnya angin yang membawa atap rumahnya, Epi pun langsung berupaya menyelamatkan diri keluar rumah.

“Sempat ada es juga berjatuhan, makanya kita coba berlindung ke rumah tetangga yang masih beratap. Kami sempat panik juga semuanya. Sekitar jam 6 sore baru berhenti hujan dan anginnya,” katanya.

Epi berharap agar Pemerintah Kabupaten Deliserdang dan Pemerintah Provinsi Sumut memberikan bantuan kepada mereka.

Bantuan itu setidaknya untuk memperbaiki atap rumah agar mereka bisa pulang dan berlindung dari potensi hujan deras dan puting beliung susulan.

“Ya mudah-mudahan ada bantuan lah. Sejauh ini belum ada. Ini pun kita bingung kalau nanti hujan lagi mau berlindung ke mana. Semoga lah cepat ada bantuan,” katanya.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deliserdang telah menurunkan personelnya untuk ke lokasi terdampak angin puting beliung. Namun belum ada keterangan resmi terkait berapa total jumlah rumah dan warga yang terdampak bencana itu.

“Ini masih pendataan,” kata petugas BPBD yang berada di lokasi.

 

Sumber : iNews.id