Puting Beliung Terjang Sukabumi, 58 Rumah Rusak dan 1 Warga Terluka

0
1
Foto: Penampakan rumah warga yang rusak diterjang puting beliung di Sukabumi (Istimewa).
Dijual Rumah

Sukabumi, buktipers.com – Puting beliung menerjang Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (29/10/2020) sore kemarin. Akibat kejadian itu sebanyak 58 rumah warga rusak dan satu orang mengalami luka ringan.

Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan ada 4 kedusunan terdampak bencana tersebut. Kerusakan terjadi di Kampung Tugu RT 04/02, Kampung Cicadas RT 01,02,03,04,/04, Kampung Kaladi I RT 001/005, Kampung Kaladi II RT 001,002/006, Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi.

“Update laporan sementara dari Tagana Kecamatan Kabandungan ada 58 rumah di empat kedusunan terdampak, untuk kategori kerusakan masih dalam tahap pendataan. Selain rumah rusak, satu warga mengalami luka ringan atas nama Bapak Emid di Kampung Tugu RT 006 RW 002,” kata Daeng kepada detikcom, Jumat (30/10/2020).

Pihaknya mengaku saat ini masih melakukan pendataan.”Langkah penanganan saat ini anggota Tagana Kec. Kabandungan, FKLD, P2BK, SAHABAT TAGANA, SARDA dan Pemdes Tugubandung yang terkait dalam kejadian bencana dan Pihak Kecamatan melakukan assesment ke lokasi kejadian,” kata Daeng.

Diberitakan sebelumnya, Puting beliung terjang Kabupaten Sukabumi terekam kamera warga. Besarnya pusaran angin itu terlihat seperti asap dan terjadi di tengah hujan deras menyebabkan sejumlah rumah warga rusak.

Informasi diperoleh detikcom di grup Facebook Kabandungan Info, peristiwa itu terjadi pada Kamis (29/10/2020) sore di Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Belum diketahui pasti berapa jumlah rumah yang rusak akibat kejadian tersebut.

Selain video pusaran angin, beredar juga video kerusakan genting rumah warga. Dalam video itu suara seorang pria terdengar menjelaskan lokasi kerusakan akibat angin puting beliung tersebut.

“Ini bencana angin puting beliung di Tugu Bandung Babakan RT 3 RW 4 barusan terjadi musibah bencana rumah rusak roboh rata dengan tanah. Tiga rumah empat rumah hancur,” kata pria dalam video berdurasi 51 detik yang dilihat detikcom.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Larasati menyatakan puting beliung terjadi di tiga kedusunan di wilayah Desa Tugu Bandung, Kecamatan Kabandungan. “Insiden bencana puting beliung ini, terjadi sekitar pukul 17.00 WIB,” kata Anita.

 

Sumber : detik.com