Raja Belanda Willem – Alexander Akan Berkunjung ke Danau Toba, Ini Harapan Arie Prasetyo

0
401
Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo saat memberikan keterangan terkait kedatangan Raja Belanda.
Dijual Rumah

Simalungun, buktipers.com – Raja Belanda, Willem-Alexander, direncanakan akan mengunjungi Indonesia, pada tanggal 10 – 12 Maret 2020 mendatang.

Selain akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Raja Willem-Alexander, rencananya akan mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (Dirut BPODT), Arie Prasetyo, kepada wartawan, di Inna Hotel Parapat, Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (21/11/2019).

Arie Prasetyo mengatakan, keindahan alam di Sumatera Utara, menjadi salah satu pertimbangan Raja Belanda untuk berkunjung ke daerah ini.

Saya berharap, bisa bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menyambut kedatangan Raja Belanda, katanya.

Meski masih dalam perencanaan, papar Arie, kehadiran Raja Belanda, merupakan keberuntungan (Opportunity) yang harus diambil karena sangat efektif meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya dari Belanda dan Eropa ke kawasan Danau Toba.

“Sebetulnya rencana kedatangan beliau belum seratus persen conform, tapi kita tetap melakukan persipan dan beberapa hal sudah mulai kita kerjakan. Beliau sudah pernah datang dan berkunjung ke Danau Toba, antara tahun 1994/1995,” ujar Arie.

Terkait rencana lanjutan, papar Arie, pihaknya sedang mempersiapkan hal – hal substansial dan termasuk kerjasama apa saja yang bisa dijalin dengan kerjaaan Belanda nantinya.

“Kita harapkan kedatangan beliau tidak hanya menilai seksinya berwisata di Danau Toba, tapi kita berharap ada beberapa kerjasama yang bisa dijalin, seperti transportasi danau dan pelabuhannya, pertanian, perternakas dan industri juga. Harus ada sesuatu yang lain yang kita tawarkan, sehingga setelah beliau datang, akan ada kerjasama yang bisa disepekati,” imbuhnya.

Mengingat Raja Alexander tamu exclusive, pihaknya juga berusaha menyiapkan segala sesuatunya. “Kita sudah ketemu dengan Konsul Belanda di Medan, dan kita sedang menyiapkan paket yang bagus agar dia tertarik untuk berkunjung ke Danau Toba. Salah satunya kita siapkan napak tilas perjalanan beliau tahun 1995 dulu,” terangnya.

Lebih lanjut Arie mengatakan, “Informasinya beliau dulu sudah pernah menginap di Inna Hotel Parapat, kita sudah melakukan cek kamar dan akan kita persiapkan agar bisa mengulang memorinya di Danau Toba. Terkait kedatangannya, kita tidak ingin sia-siakan berlalu begitu saja, kita akan manfaatkan semaksimal mungkin untuk promosi Danau Toba. Kita berharap beliau jadi berkunjung ke Danau Toba, sebab kehadirannya merupakan media promosi yang sangat efektif untuk internasional tourist,” pungkas Arie.

Sementara itu, Manager Inna Hotel, Pardomuan Siregar ketika dikonfirmasi terkait kedatangan Raja Alexander, mengaku bangga jika dipercayakan kembali menjamu kedatangan Raja Belanda yang kedua kalinya.

“Beliau pernah menginap di Bunga Low kamar 109 dan 110. Saat itu beliau makan malam di depan kamar. Kamarnya masih utuh seperti dulu, struktur kamar belum pernah dipugar. Jika beliau hadir dan themanya napak tilas, kita akan upayakan semaksimal mungkin untuk mempersiapkan kedatangan beliau dengan penuh kenangan,”ujarnya.

(Stg)