Raja Bonaran Situmeang Dituntut 8 Tahun Penjara di PN Sibolga

0
174
Raja Bonaran Situmeang saat mengikuti jalannya sidang di PN Sibolga (foto atas) dan usai keluar dari ruang sidang. (Foto/Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com- Sibolga (Sumut)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Sibolga, tuntut terdakwa Raja Bonaran Situmeang (RBS), 8 tahun penjara atas kasus tindak pidana pencucian uang.

Jaksa Syahrul Efendi Harahap menuturkan, bahwa berdasarkan fakta persidangan atas keterangan para saksi-saksi di persidangan, maka pihaknya meminta Ketua Majelis Hakim, menjatuhkan hukuman pidana penjara 8 tahun kepada terdakwa Bonaran.

“Menghukum terdakwa Raja Bonaran Situmeang dengan pidana penjara 8 tahun,”ucap Jaksa Syahrul saat membacakan dakwaan, Senin (27/5/2019), lalu.

Pada pembacaan dakwaan itu, Syahrul juga menuturkan, dasar pertimbangan pihaknya dalam membuat tuntutan tersebut, karena tidak ada yang ditemukan terhadap terdakwa hal yang meringankan.

“Hal yang memberatkan, terdakwa pernah dihukum, tidak mengakuai perbuatannya. Hal yang meringankan tidak ada didapati pada terdakwa,”katanya.

Usai pembacaan dakwaan oleh Jaksa, terdakwa Bonaran menyatakan akan membuat pembelaan diri dengan tertulis atas dakwaan Jaksa terhadapnya saat ditanya oleh Hakim.

“Saya akan menjawab sendiri yang mulia,”ucap Bonaran kepada Hakim.

Untuk itu, Ketua Majelis Hakim, Martua Sagala, memberikan waktu kepada terdakwa Bonaran untuk menyusun pembelaan dirinya atas dakwaan jaksa.

“Sidang dilanjutkan, pada Senin, 10 April 2019 dengan agenda pembacaan pembelaan diri terdakwa,”ucap  Martua, sembari mengetuk palu menutup sidang.

(Job Purba)