Ratusan Emak-emak di Bangka Unjuk Rasa Tolak Penambangan Timah di Laut Merbau

0
2
Rombongan emak-emak berkumpul di Pinggir Pantai Batu Perahu mendukung Penolakan Rencana Aktivitas PIP. (Foto: Istimewa)
Dijual Rumah

Bangka Selatan, buktipers.com – Ratusan emak-emak di Batu Perahu, Tanjung Ketapang dan sekitarnya ikut berunjuk rasa menolak rencana penambangan timah menggunakan ponton isap produksi (PIP) di Laut Merbau, Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan oleh CV Timor Ramelau.

Emak-emak istri nelayan tersebut berkumpul di pinggir Pantai Batu Perahu pada Kamis (2/6/2022) sejak sore hingga malam hari guna mendukung perjuangan suaminya dan warga untuk mengadang masuknya PIP ke perairan tersebut.

Dalam aksi yang sempat direkam video dan tersebar di media sisial itu, emak-emak meneriakkan tolak tambang laut di perairan Merbau dan sekitarnya sembari melantunkan takbir dan mendoakan perjuangan nelayan dan warga.

“Siap tempur, semoga hasilnya memusakan, mati satu tumbuh seribu, Allahuakbar,” kata salah satu emak-emak dalam tayangan video yang beredar di media sosial.

Rombongan emak-emak bersama nelayan dan warga setempat tetap kosisten menolak aktivitas penambangan di sepanjang perairan lingkungan Tanjung Ketapang, Batu Perahu, Merbau hingga ke Perairan Desa Rias.

Sebab, daerah tersebut merupakan salah satu wilayah tangkapan nelayan yang menjadi sumber penghasilan turun temurun.

Daerah ini juga menjadi salah satu sumber penghasil bahan pokok produk usaha kecil menengah (UMKM) di Toboali.

 

Sumber : Sindonews.com