Ratusan Petani Unras Tuntut Pengembalian Lahan dari PT.CKT  

0
380
Ratusan petani bersama anggota koperasi KUD unjukrasa di kantor Bupati Tanjung Jabung Barat.(foto/jangcik)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tanjab Barat (Jambi)

Ratusan petani bersama anggota Koperasi Unit Desa unjukrasa (Unras) ke Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Rabu (14/11/2018).

Mereka menuntut agar PT.CKT mengembalikan lahan yang mereka duga hasil ‘rampasan’ dari masyarakat. Lahan itu mereka duga sebagai kelebihan dari Hak Guna Usaha (HGU).

Dalam aksi demonya, masyarakat petani itu didampingi organisasi DPC Ikatan Pemuda Indonesia (IPI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Rabu (14/11/2018).

Dalam orasasinya, para petani itu mendesak agar PT.CKT secepatnya mengembalikan tanah tersebut.

Ada beberapa poin yang mereka pertanyakan, anatara lain, kekurangan lahan plasma seluas 857 hektar, kelebihan lahan plasma seluas 469 hektar, dan kelebihan setoran petani 30 persen totalnya mencapai Rp 20.624.515.872.

Dan yang terakhir, mereka menuntut agar mengembalikan hasil kebun plasma seluas 1.326 hektar.

Salah seorang warga, inisial HS mewakili masyarakat bersamaan Kelompok Tani (Poktan) dan KUD Tungkal Ulu, dalam orasinya menegaskan tuntuta tersebut di depan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat.

“Kita minta tuntaskan problem ini dengan secepat mungkin, kami beri waktu dalam satu minggu, karena masyarakat sudah bosan menunggu dengan janji – janji manis dari pihak PT.CKT,” tandasnya.

Pada akhir tuntutannya, para petani itu mengatakan, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, maka mereka mendesak agar perusahaan itu ditutup oleh pemerintah, dan mengancam akan menduduki lahan yang dikuasai perusahaan itu. (Jangcik)

 

Editor : Maris