Ratusan Rumah Warga di Marbau Labura Terendam Banjir hingga Setinggi 2 Meter

0
50
Rumah warga yang terendam banjir di Desa Marbau Selatan, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumut, Sabtu (12/9/2020). (Foto: iNews/Fachrizal)

Marbau, buktipers.com – Ratusan rumah warga di Desa Marbau Selatan, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut), terendam banjir, Sabtu (12/9/2020). Banjir juga merendam fasilitas umum seperti sekolah dan rumah ibadah.

Banjir dipicu hujan deras di wilayah itu yang mengakibatkan sungai meluap. Derasnya debit air membuat bendungan Sungai Marbau di Dusun Satu Panca Bakti, Marbau Selatan, rusak.

“Banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi dan pecahnya bendungan di Sungai Marbau pada Jumat malam (11/9/2020), sekitar pukul 22.00 WIB,” kata Sekretaris Badab Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labura, Jesman Sijabat, Sabtu (12/9/2020).

Jesman mengatakan, dari pendataan yang dilakukan, sedikitnya 165 rumah warga kini terendam banjir dengan ketinggian bervariasi hingga 2 meter. Sekitar 80 rumah di antaranya dalam kondisi memprihatinkan karena banyak perabotan rumah dan barang-barang elektronik yang terendam banjir.

Banjir juga mengakibatkan akses jalan sulit dilalui kendaraan baik sepeda motor dan mobil. Pasalnya ketinggian air di jalan hampir sepinggang orang dewasa. Selain itu, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum seperti rumah ibadah dan sekolah.

Petugas BPBD Labura telah mendirikan dua unit posko tenda pengungsian dan dapur umum. Bagi warga yang harus mengungsi karena rumahnya terendam banjir. Saat ini, warga mengharapkan bantuan berupa sembako dan obat-obatan dari pemerintah daerah setempat.

 

Sumber : iNews.id