Rehab Empat Ruang Kelas dan Pembuatan Rumdis SDN 13 RJU Diduga Bermasalah, Ini Jawaban Kepala Sekolah

0
392
Plang proyek rehab 4 ruang kelas dan pembuatan rumah dinas SDN 13 RJU.
Dijual Rumah

Mesuji, buktipers.com – Pengerjaan rehabilitasi empat ruang kelas di SDN 13 Rawa Jitu Utara (RJU), Kabupaten Mesuji, diduga bermasalah, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan yang menelan dana Rp.460.000.000, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2019 itu, diduga terjadi mark up anggaran, serta dikerjakan tidak sesuai dengan juknis maupun RAB yang telah ditentukan.

Dari pantauan awak media di lapangan, ditemukan berbagai kejanggalan dalam tekhnis pengerjaan. Seperti penggunaan bahan material kayu, maupun atap plafon yang digunakan, diduga tidak sesuai dengan RAB pekerjaan.

Bahkan diduga dalam pembangunannya menghilangkan salah satu spekualifikasi pekerjaan, yakni, tidak mengganti kanal rangka baja. Ironisnya, kanal rangka baja yang lama sudah cukup terhitung tua usianya. Padahal pekerjaan itu, anggaran yang diberikan oleh pemerintah sangat fantastis.

Tak hanya itu, terkait pembangunan rumah dinas yang dianggarkan Rp.140.000.000, juga terkesan asal jadi.

Betapa tidak, hal tersebut seperti penggunaan material besi 10 cm, jarak kolom cincin tiang cor ditemukan 23-25 cm, disinyalir menyimpang dari aturan yang telah ditetapkan.

Dikonfirmasi, Kepala Sekolah SDN 13 Rawa Jitu Utara, Jumat (20/9/2019), Sutarsih, menyangkal terkait tidak digantinya kanal rangka baja, dan mengaku rehab empat ruang kelas itu  sudah sesuai pentunjuk.

“Kalau kanal rangka baja memang tidak diganti, itu sesuai petunjuk RAB yang telah ditentukan konsultan dan pihak dinas. Yang diganti hanya bagian atap saja yang tadinya menggunakan metal polos, sekarang diganti menjadi metal pasir. Sejauh ini, kami bekerja sudah sesuai dengan petunjuk RAB,”kilah Sutarsih.

(Tim)