Rehab Ruang Belajar SDN 01 Pagar Buana Dipertanyakan, Ini ‘Kecurangan’ yang Ditemukan

0
309
Kondisi pengerjaan rehab ruang kelas SDN 01 Pagar Buana yang anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019, disinyalir tidak sesuai rencana anggaran biaya (RAB).
Dijual Rumah

Tulang Bawang Barat, buktipers.com – Pengerjaaan rehabilitasi ruang kelas SDN 01 Pagar Buana yang anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019, disinyalir tidak sesuai rencana anggaran biaya (RAB). Pasalnya, dari hasil investigasi beberapa awak media, di lokasi kegiatan, Rabu (14/8/2019), ditemukan beberapa ‘kecurangan’, yang dilakukan oleh pihak sekolah maupun pihak pelaksana kegiatan.

Seperti yang dibeberkan salah seorang pekerja yang enggan disebut namanya, menjelaskan, terkait pemasangan kolom cincin besi tiyang coran menggunakan jarak hingga 22 cm.

“Untuk jarak kolom cincin tiyang coran yang digunakan disini menggunakan jarak 22 cm, dan itu atas perintah kepala sekolahnya pak,” beber salah seorang pekerja saat dikonfirmasi awak media.

Sementara, Kepala Sekolah SD Negeri 01 Pagar Buana, Sukardi, membantah jika kegiatan pembangunan tersebut, diduga terdapat kecurangan.

Menurutnya, bangunan tersebut sudah sesuai dengan juknis yang ada. Bangunan tersebut juga melibatkan konsultan yang merancang RAB bangunan, katanya.

“Kalau saya hanya sebatas penanggung jawab anggaran, disitu juga ada pihak pelaksana dan pihak konsultan. Kalau pun pembangunan itu bermasalah, nanti akan saya perbaiki lagi,” elaknya.

(Jun)