Rekonstruksi Suami Istri Bunuh Pria Selingkuhan di Sergai, Korban Dipukuli Pakai Linggis

0
1
Suami istri tersangka pembunuhan saat memeragakan adegan menghabisi pria selingkuhan di Sergai. (Foto: iNews/Abd Sani Hasibuan)
Dijual Rumah

Tebingtinggi, buktipers.com – Satreskrim Polres Tebingtinggi menggelar rekonstruksi pembunuhan dengan korban bernama Lukman Hakim alias Tompel (29).

Dia dihabisi pasangan suami istri dalam rumahnya lalu dibuat seolah-olah tewas gantung diri. Proses rekonstruksi ini dilaksanakan di halaman Mapolres Tebingtinggi dan bukan di lokasi TKP Kejadian untuk menghindari adanya kerumunan, Jumat (23/7/2021). Dalam reka ulang, kedua tersangka memeragakan 40 adegan.

Kedua tersangka yakni bernama Heri Juana alias Kajon (51) dan istrinya Susilawati (44) warga Kota Tebingtinggi.

Dia mendatangi korban di rumahnya Dusun X Desa Paya Pinang, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdangbedagai.

Pantauan iNews, selama berjalannya rekonstruksi, jaksa berkali-kali memperingatkan tersangka agar tidak berusaha melakukan perubahan sesuai keterangan.

Ditengarai, tersangka coba mengelabui dengan membuat adegan berbeda dari keterangannya kepada penyidik.

Dalam adegan, pelaku membunuh korban dengan cara memukulinya menggunakan linggis. Di lokasi kejadian turut serta istri tersangka yang berselingkuh dengan korban.

“Jadi disaksikan istrinya saat tersangka berkali-kali memukulkan linggis ke tubuh korban. Dia sempat memeriksa napas korban untuk memastikan sudah tewas atau belum,” ujar Kasat Reskrim Polres Tebingtinggi AKP Wirhan Arip, Jumat (23/7/2021).

Mengetahui korban tewas, keduanya lalu berusaha membuat agar korban seolah-olah gantung diri.

“Rekonstruksi ini untuk menyesuaikan keterangan saksi dan fakta di lapangan. Hasil rekon menunjukkan ada fakta baru dari keterangan kedua pelaku,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat kasus ini akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tebingtinggi. Kedua pelaku dijerat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.

“Ancaman hukumannya maksimal seumur hidup,” ucapnya.

 

Sumber : iNews.id