Rekrutment dan Wawancara Pengawas TPS Girsip Berakhir

0
272
Komisioner Panwaslu Kecamatan Girsip saat wawancara calon PTPS. (Foto/Stg)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Rekrutment dan wawancara Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun, telah berakhir.

Hal itu disampaikan Jesron Sihotang, Ketua Panwaslu Kecamatan Girsip, di kantor Panwaslu, Jalan SM Raja atas (Kompleks eks Lapangan Golf), Kamis (28/2/2019).

Dijelaskannya, dari 90-an berkas yang masuk ke Sekretariat Panwaslu Girsip, hanya ada 50 berkas yang memenuhi syarat (MS) dan selebihnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Karena mereka tidak bisa meleges ijazah terakhirnya dan sebahagaian lagi tidak bisa menunjukkan ijazah asli, ungkapnya.

TMS berikutnya dikarenakenakan calon PTPS tersebut, sebahagian suaminya akan menjadi KPPS, dan ada juga yang tersandung jadi tim sukses yang dibuktikan tim pokja penerimaan PTPS dari dokumentasi foto dari hasil facebook, dimana calon PTPS dimaskud, mengikuti kegiatan salah satu caleg. Maka dalam sesi wawancara, PTPS tersebut akhirnya dinyatakan gagal, bebernya.

Dalam pleno hari ini, Kamis (28/2/2019), komisioner Panwaslu Kecamatan Girsip yang dipimpin Jesron Sihotang, didampingi dua anggota lainnya, Lenny Rajagukguk sebagai Ketua Pokja PTPS dan Runggu Samosir dari Devisi PP, disaksikan oleh para Panwas Nagori dan Kelurahan, menetapkan 47 orang yang dinyatakan ‘lulus’ sebagai PTPS.

Dan pada hari ‘H’ Pemilu (17 April 2019) mendatang, mereka akan bertugas mengawasi pelaksanaan pesta demokrasi yang baru pertama kalinya dilaksanakan secara serentak. Baik mengawasi hitung surat suara dan pengawasan lainnya, ujar Jesron.

Tentu sebelum mereka melaksanakan tugas pengawasan di TPS, sesuai petunjuk Pimpinan Bawaslu Simalungun, kami juga akan membekali PTPS yang dinyatakan lulus ini, dalam bimbingan teksnis.

Lalu mereka juga akan dibekali dengan buku saku tata dan juknis pengawasan TPS dan sudah tentu, dalam waktu dekat, kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Polsek Parapat, terkait kerjasama dan pengenalan para PTPS tersebut, papar Jesron.

(Stg)