Resmob Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Pemerasan Sopir Box di Pasar Bengkok

0
1
Foto pelaku yang diamankan Polisi.
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Personil Tim Resmob Satreskrim Polrestabes Medan – Polda Sumatera Utara, berhasil meringkus seorang pria yang diduga sebagai pelaku pemerasan.

Pria itu bernama Andi alias D (47), warga Jalan Pasar Bengkok, Jalan William Iskandar simpang Aksara, Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung.

Andi alias D, ditangkap karena diduga kerap melakukan pemerasan terhadap supir sopir bongkar muat dengan modus uang keamanan dan SPSI.

Kejadian dugaan pemerasan tersebut, terjadi pada hari Sabtu, 8 Januari 2022, sekitar pukul 10.30 WIB, saat sopir, Prengki (27), menurunkan barang di Pasar Bengkok, tepatnya di Toko Wira, Jl.Willem Iskandar, Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan.

Pada saat itu, datang 2 orang pemuda yang mana salah seorang diantaranya meminta uang SPSI sebesar Rp 35.000 dengan memaksa dan mengatakan wajib membayar uang SPSI sebesar Rp 35.000 sehingga dengan sangat terpaksa pelapor memberikan uang tersebut.

Video dugaan pemerasan tersebut sempat viral di media sosial.

Foto barang bukti yang diamankan Polisi.

Diduga korban yang memviralkan video tersebut saat berada di dalam sebuah mobil . Atas kejadian tersebut, pelapor merasa keberatan dan dirugikan kemudian melaporkannya ke Polrestabes Medan guna proses hukum yang berlaku.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko, SIK melalui Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Dr Muhammad Firdaus, SIK, MH, Jumat (14/1/2020), pukul 22.00 WIB menjelaskan, bahwa pelaku sudah diamankan berdasarkan atas laporan korban sendiri ke Mapolrestabes Medan.

“Setelah mendapatkan laporan, Tim Resmob Satreskrim Polrestabes Medan langsung melakukan penyelidikan dan pada tanggal 13 Januari 2021 sekitar pukul 22.00 WIB, kami mendapatkan informasi bahwa terduga pelaku berada di sebuah lokasi. Tim pun langsung melakukan pengejaran dan setibanya di lokasi petugas langsung mengamankan terduga pelaku pemerasan “Andi alias D” di sekitar Jalan Pembinaan, Dusun III Bandar Setia, Kecamatan Percut Seituan, ”ungkap Kasat Reskrim Kompol Firdaus.

Lanjut mantan Kasat Reskrim Polres Langkat, Kompol Dr M Firdaus, saat diamankan dan diinterogasi, terduga pelaku pemerasan yang bernama A alias D mengakui perbuatannya telah melakukan pemerasan terhadap korban Prengki.

Target pelaku adalah pemerasan terhadap sopir mobil box yang sedang melakukan kegiatan bongkar muat di Pasar Bengkok Medan.

“Andi alis D juga mengakui bahwa sudah 10 bulan melakukan pemerasan dan hasil pemerasannya pelaku pun disetor kepada Ketua SPSI Medan Estate “HEP” sebesar Rp 10.000 perbulan. Sementara pelaku mendapatkan hasil dari pemerasan Rp 30.000 sampai Rp 50.000 per harinya. Pelaku “A” saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Satreskrim Polrestabes Medan. Kami juga mengamankan barang bukti berupa kwitansi kosong berlogo, pelaku kami jerat dengan pasal 368 KUHP dengan ancaman penjara 9 tahun, “pungkas  mantan Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang ini.

 

(ML.hrp)