Ribuan Rumah dan Lahan Pertanian di Serdang Bedagai Terendam Banjir

0
34
Rumah warga tampak digenangi air.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Tingginya curah hujan dalam beberapa hari belakangan ini, membuat ribuan rumah di Kabupaten Serdang Bedagai, terendam banjir.

Pantauan media ini di lokasi, Jumat (22/10/2021),  selain rumah warga, lahan persawahan dan beberapa rumah ibadah juga terendam.

Bukan hanya itu, akibat seringnya digenangi air, jalan lintas menuju Kecamatan Tanjung Beringin, tepatnya di Dusun VII Kampung Pala, Kecamatan Sei Rampah yang sudah menjadi langganan banjir rusak dan penuh dengan lubang.

Rumah ibadah ikut dilanda banjir.

Oleh karenanya, pengendara mobil dan sepeda motor sering terjebak kedalam lubang karena tidak kelihatan lantaran digenangi air.

Menghindari kemacetan beberapa warga setempat dengan sukarela turut mengatur kendaraan agar tidak masuk lubang disaat melintas.

Berdasarkan laporan sementara yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai, terdapat 1.238 rumah yang tersebar di Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Sei Rampah dan Kecamatan Tebing Tinggi terendam banjir.

Kondisi jalanan digenangi air.

“Tak hanya rumah warga, ratusan hektar lahan pertanian juga terendam banjir. Ketinggian air berkisar antara 30 sampai 80 Sentimeter,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, Juanda Pasaribu.

Menurut Juanda, sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi. Namun tim BPBD telah menurunkan perahu evakuasi ke lokasi banjir sebagai antisipasi.

“Warga masih bertahan di rumah. Begitupun tim di lapangan tetap melakukan persiapan karena dikhawatirkan banjir semakin tinggi jika hujan semakin deras. Saat ini tim kita masih melakukan pendataan lebih lanjut,” paparnya.

 

(ML.hrp)