Richard Sidabutar Minta Dinas Pariwisata Sumut Menyusun Master Plan Geopark Kaldera Danau Toba

0
221
Anggota DPRD Sumut Komisi B, Richard Sidabutar. (Foto/Stg)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Untuk bahan observasi assesmen agar pariwisata Danau Toba diterima sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG), pihak DPRD Sumut, meminta agar Dinas Pariwista,  menyusun master plan Geopark Kaldera Danau Toba.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Sumut Komisi B,  Richard Sidabutar saat berkunjung, di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Selasa (19/3/2019).

Dikatakannya, Pemprovsu dalam hal ini Dinas Pariwisata, sepatutnya telah menyusun dan memiliki master plan Geopark Kaldera Danau Toba, sebagai bahan evaluasi penilaian masuk menjadi anggota UGG, sehingga dapat dijual ke dunia internasional.

Lanjutnya, master plan, yakni fasilitas rambu-rambu di lokasi geosite sebagai informasi bagi pengunjung, informasi hubungan antar situs Kaldera Geopark, panel interprestasi dalam pemahaman kisah gunung berapi menjadi daerah terkenal hingga saat ini belum tersusun.

“Fakta, hingga hari ini master plan itu belum disusun dengan baku, kita meminta kedepan, master plan lah yang pertama harus dibereskan. Sehingga Danau Toba masuk kriteria UGG, dan diakui salah satu pariwisata bertaraf internasional,” katanya.

Dirinya mengakui, dalam dengar pendapat dengan instansi terkait, Komisi B DPRD Sumut sudah meminta agar master plan Kaldera Danau Toba disusun dan pihaknya masih menunggu hasil penyusunannya.

“Ini juga perintah Perpres No 9 Tahun 2019 yang menyebutkan, pengembangan geopark (taman bumi) harus memiliki master plan,”ujarnya”

Dengan adanya master plan ini, dapat lebih optimal dalam pengelolaan pariwisata, serta mendukung prasarana dan sarana penunjang pariwisata lengkap dan tersebar secara merata di Sumut, ujarnya.

Sistem promosi dan pemasaran pariwisata dilakukan secara terpadu dan tidak terfokus pada pangsa pasar tertentu dan melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan pariwisata, tambahnya.

Menurut Richard, dengan diakuinya Kaldera Danau Toba, masuk menjadi salah satu anggota UNESCO Global Geopark, kepariwistaan di seluruh kawasan Danau Toba akan maju pesat oleh kunjungan wistawan manca negara yang bermuara ke peningkatan ekonomi masyarakat sekitar Danau Toba.

(Stg)