Rumah Betang Warga Dayak di Kapuas Hulu Terbakar, 100 Penghuni Mengungsi

0
66
Rumah Betang Warga Suku Dayak di Desa Nanga Nyabau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat hangus terbakar, Minggu (19/7/2020) malam. (Antara)
Dijual Rumah

Kapuas Hulu, buktipers.com – Sebuah Rumah Betang khas Suku Dayak di Desa Nanga Nyabau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat hangus terbakar. Rumah dengan 35 pintu itu diduga terbakar akibat api dari dapur salah satu keluarga penghuni rumah tersebut.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada Minggu (19/7/2020) malam. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun api yang berkobar membuat rumah yang dominan dari kayu itu hangus nyaris tak bersisa.

“Api membakar rumah betang itu sekitar dua jam lamanya. Dugaan sementara api berasal dari dapur salah satu penghuni,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Gunawan dihubungi dari Putussibau, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, kobaran api yang besar membuat sekitar 100 orang yang menempati rumah tersebut langsung menyelamatkan diri sehingga tidak sempat mengeluarkan barang berharga dari dalam rumah.

Penghuni Rumah Betang tersebut untuk sementara tinggal di rumah kerabat. Namun ada juga yang diungsikan ke beberapa tempat seperti sekolah dan kantor desa setempat.

“Untuk saat ini penghuni rumah betang yang berjumlah sekitar 100 jiwa diungsikan di gedung sekolah, kantor desa,” katanya.

Menurutnya, tim BPBD masih mendata kerugian yang dialami penghuni. Selain itu juga menjamin ketersediaan logistik bagi warga selama dalam pengungsian.

“Untuk langkah selanjutnya kami akan melihat perkembangan di lokasi dan akan didirikan dapur umum,” ujarnya.

 

Sumber : iNews.id