Sabar, Bansos Karyawan untuk Rekening selain 4 Bank BUMN Cair dalam 5 Hari

0
11
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Jakarta, buktipers.com – Program bantuan sosial (bansos) berupa subsidi gaji bagi karyawan berpenghasilan di bawah Rp5 juta telah diluncurkan pada minggu ini. Pada tahap satu, sebanyak 2,5 juta karyawan menerima bantuan tersebut.

Kepala Biro (Kabiro) Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Soes Hindharno menjelaskan, karyawan yang mempunyai rekening di salah satu dari empat bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menerima bantuan Rp1,2 juta lebih awal.

“Masalahnya, di lapangan kok ada yang sudah terima dan ada yang belum, Himbara itu ada 4 yaitu BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Ke-4 bank inilah karena bank negara yang menyalurkan ke rekening calon penerima manfaat,” katanya saat dihubungi, Sabtu (29/8/2020).

Soes memastikan, mekanisme penyaluran bansos karyawan sama, baik bank Himbara maupun non-Himbara. Semua yang berhak sudah ditransfer pemerintah dari APBN. Namun, memang terdapat prosedur yang lebih panjang untuk masuk bank di luar Himbara.

“Kalau mereka atau penerima memiliki rekening non-Himbara, mekanisme penyalurannya tetap sama, tapi masuknya ke rekening bisa maksimal lima hari,” kata dia.

Sebagai informasi, pada tahap satu, bansos karyawan untuk Bank Himbara cair sejak 27 Agustus 2020. Dengan kata lain, pencairan untuk rekening di luar empat bank BUMN paling lambat 31 Agustus atau 2 September jika menghitung hari kerja.

 

Sumber : iNews.id