Saksikan Vaksinasi Dadakan di Tenda Pengungsi, Kapolres Sergai Diam-diam Bawa Bantuan

0
4
Kapolres Sergai, AKBP Dr. Ali Machfud SIK, MIK, tinjau vaksinasi dan posko banjir, di Dusun IX Belidaan, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Hari kedua melaksanakan tugas sebagai Kapolres Sergai, AKBP Dr. Ali Machfud SIK, MIK, lakukan peninjauan secara mendadak ke posko banjir, di Dusun IX Belidaan, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Kunjungan dadakan ini, disambut Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sergai, dr. Bulan Simanungkalit M.Kes, Plt Camat Sei Rampah, Rahmat Suhendra Damanik, Kepala Desa Firdaus, Dian dan Kapolsek Firdaus, AKP Idham Halik, Kamis (11/11/2021).

Kepada Camat Sei Rampah, yang akrab disapa Hendra dan Kades Firdaus, Dian, Kapolres Sergai yang baru dua hari ini menanyakan, daerah mana saja yang paling parah terkena dampak banjir.

“Pak Camat kalau boleh tau berapa desa di kecamatan ini yang kebanjiran, dan bagaimana kondisi warga yang terkena musibah banjir ini,”tanya Kapolres.

Camat Hendra pun menjelaskan,” kalau di Kecamatan Sei Rampah ini ada 3 desa yang paling parah terkena dampak banjir. Desa Sei Rampah, Firdaus dan Cempedak Lobang dan hasil pendataan kemarin, hampir 6.000 rumah warga yang kebanjiran. Pihak Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), setiap saat selalu siaga di lokasi,” jelas Hendra.

Kepada Plt. Kepala Desa Firdaus, Kapolres juga menanyakan keberadaan posko dimana saja.

Dian menjelaskan, selain mendirikan beberapa posko bantuan dari BNPB, BPBD dan Polres Sergai juga dirinya sudah meminjam beberapa pintu ruko yang kosong, untuk ditempati para pengungsi.

Kemudian Camat Sei Rampah dan Kades Firdaus juga menjelaskan, kalau masalah bantuan makanan (sembako), hingga saat ini masih cukup.

“Bantuan dari pemerintah kabupaten, pengusaha dan institusi lainnya juga mengalir dan semuanya sudah kami salur kan kepada warga yang terdampak banjir melalui posko yang juga dapur umum,” jelas Camat dan Kades Firdaus bergantian.

Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit kepada Kapolres AKBP Ali Machfud juga menjelaskan, terkait vaksinasi kepada masyarakat di Kabupaten Sergai ini sudah mencapai 58 % lebih.

“Di pengungsian ini, selain kami memantau kondisi kesehatan warga yang berada di tenda darurat, kami juga melaksanakan vaksinasi kepada warga. Dan di posko Dusun IX Desa Firdaus ini, sekarang akan kita lakukan kepada 6 warga yang belum divaksin. Jadi, dalam kegiatan kami memantau kondisi kesehatan warga di pengungsian, kami juga melakukan vaksinasi kepada yang belum divaksin, sekaligus sosialisasi apa gunanya kita divaksin. Ya, tujuannya tentu untuk menekan jangan sampai Covid-19 lebih meluas lagi, sekaligus melaksanakan instruksi Bupati Sergai agar warga mendapat herd immunity,”papar Bulan.

Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud di dampingi Wakapolres Kompol Syofyan, Kabag OPS Kompol T. Manurung, Kabag SDM Kompol E. Tambunan juga sempat menyaksikan vaksinasi dadakan di tenda pengungsian kepada 6 warga Desa Firdaus yang belum divaksin.

Ternyata, selain meninjau dan melihat kondisi warga di tenda pengungsian, AKBP Ali Machfud yang sempat berdialog dengan Kepala Dusun dan Mamak-mamak itu, diam-diam memberikan bantuan sembako.

 

(ML.hrp)