Beranda Pendidikan Satlantas Polres Cilacap Gelar Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah

Satlantas Polres Cilacap Gelar Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah

94
0
latihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMK Tamtama 1 Sidareja oleh Satlantas Polres Cilacap.(foto/Edy.S)
Loading...

Buktiper.com – Cilacap

Untuk mendukung terciptanya tertib berlalu lintas sejak usia dini, Satlantas Polres Cilacap Pos Sidareja melaksanakan Pembinaan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) serta penyuluhan tertib berlalu lintas kepada siswa/siswi SMK Tamtama 1 Sidareja.

Kegiatan berlanghsung, Kamis (11/10/2018) mulai pukul 08.00 Wib sampai selesai, bertempat di halaman SMK Tamtama 1 Sidareja.

Siswa ddan siswi SMK Tamtama 1 Sidareja yang ikut pelatihan PKS.(foto/Edy.S)

Instruktur Pembina, Bripka Deny Achmad Syaefulloh dan Brigadir M.Roqib, mengatakan, peserta PKS sebanyak 22 orang, terdiri dari 12 siswa dan 10 siswi.

Sukarman, ST selaku Kepala Sekolah di ruang kerjanya mengatakan, pelatihan PKS adalah suatu wadah dari partisipasi pelajar di bidang lalu lintas, khususnya mengatur penyebarangan pada jalan umum di lingkungan sekolah.

Baca Juga!  PWI Padang Sidempuan Kembali Adakan UKW

“Diharapkan dengan adanya PKS ini nantinya dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di lingkungan sekolah. Para siswa siswi akan tertib berlalu lintas, terutama pada jam padat lalu lintas mulai pagi hari jam masuk dan siang hari jam pulang sekolah. Targetnya adalah menciptakan generasi tertib berlalu lintas,” ujar Sukarman.

Kapos Lantas Sidareja Aiptu Saefi melalui Bripka Deny Achmad Syaefulloh menjelaskan, materi yang disampaikan dalam kegiatan adalah dasar-dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), materi tentang tata cara pengaturan lalu lintas dengan menggunakan isyarat 12 gerakan pengaturan lalu lintas, tata cara penggunaan isyarat 3 bunyi peluit, dan macam-macam sinar yang ada pada pesawat otomatis untuk mengatur lalu lintas.

Baca Juga!  Penulisan Terkait Kelistrikan, Pokja Wartawan dan PLN Gelar Workshop di Berastagi  

Lebih Lanjut Bripka Deny mengatakan, anggota PKS di tingkat SMK atau yang sederajat diharapkan sungguh-sungguh memelajari dan memahami, mermraktekkan (fakta/praktek lapangan), mengembangkan (hasil pengamatan) dari materi yang disampaikan dalam pembinaan.

“Dalam aplikasi prakteknya di lapangan anggota PKS dituntut dapat tampil dengan sikap tegap dan tegas. Cakap mengombinasikan antara isyarat 3 bunyi peluit dan 12 gerakan pengaturan lalu lintas.  Hasilnya nanti adalah terciptanya kondisi nyaman bagi pengguna jalan, dan menekan angka kecelakaan khususnya di lingkungan sekolah,” pungkasnya.(Edy.S)

 

Editor : Maris

Loading...