Satu Orang Warga Nias Terkonfirmasi Positif Covid – 19, Ini Penjelasan Bupati

0
5
Bupati Nias saat konfrensi Pers. (Foto/Loozaro)

Nias, buktipers.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias melakukan konferensi pers, terkait adanya warga Kabupaten Nias yang terkonfirmasi positif Covid-19, di Kantor Bupati Nias, Rabu (26/8/2020).

Bupati Nias, Drs Sokhiatulo Laoli,MM, selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nias memaparkan, bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan swab TCM (Test Cepat Molekuler), di RSUD Gunungsitoli, pada tanggal 25 Agustus 2020, ada 1 (satu) orang warga Kabupaten Nias, inisial WW, umur 40 tahun, jenis kelamin Laki-laki, pekerjaan PNS, alamat Desa Ononamolo I Botomozoi, Kecamatan Hiliduho terkonfirmasi positif Covid-19.

Masih kata Bupati Nias, bahwa sejak tanggal 18 sampai  tanggal 21 Agustus 2020, pasien telah dirawat di RSUD Gunungsitoli karena menderita sesuatu penyakit. Namun pada tanggal 21 Agustus 2020, pasien keluar dari RSUD Gunungsitoli dengan alasan melakukan pengobatan tradisional di kampung.

Lanjutnya, pada tanggal 22 Agustus, pasien dibawa berobat ke RS Bethesda dan setelah dilakukan pemeriksaan rapid test sebanyak 2 (dua) kali dengan hasil reaktif, sehingga pihak RS Bethesda menyarankan untuk dirujuk, di UPTD RSUD Gunungsitoli, tapi pihak keluarga, malah membawa pulang pasien ke rumah.

“Dan pada dini hari, Senin (24/8/2020), penderita dibawa ke UPTD RSUD Gunungsitoli, dengan kondisi badan lemah dan sesak yang selanjutnya ditangani pihak RS Gununungsitoli, dengan melakukan pengambilan swab nasofaring untuk pemeriksaan Covid-19 (SARS Cov2) menggunakan TCM dan didapat hasil positif Covid-19,” ungkap Bupati Nias.

Bupati Nias juga menghimbau kepada pimpinan kantor, pimpinan gereja dan tempat-tempat umum agar mewajibkan seluruh staf/karyawan dan pengunjung menerapkan protokol kesehatan serta melaksanakan penyemprotan disinfektan secara mandiri dan berkala.

Terakhir, Bupati Nias berharap kepada seluruh masyarakat, khususnya Kabupaten Nias agar mematuhi protokol kesehatan, dalam rangka pencegahan penyebaran penularan Covid – 19, di wilayah Kabupaten Nias.

(Loozaro)