Beranda Hukum Sebut Copa America Diwarnai Korupsi, Messi Terancam Hukuman 2 Tahun

Sebut Copa America Diwarnai Korupsi, Messi Terancam Hukuman 2 Tahun

56
0
Lionel Messi (Foto: AFP)
Loading...

Buktipers.com – Sao Paolo

Komentar pedas kapten tim nasional Argentina Lionel Messi terkait penyelengaraan Copa America 2019 yang diwarnai korupsi, berbuntut panjang. Megabintang Barcelona itu terancam sanksi bermain dua tahun dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL).

Ungkapan itu keluar dari mulut Messi usai dirinya mendapat kartu merah saat timnya menang 2-1 atas Cile pada perebutan peringkat ketiga Copa America di Arena Corinthians, Minggu (7/7/2019) dini hari WIB.

Pemain terbaik dunia lima kali itu diusir keluar lapangan pada menit ke-37 usai berselisih dengan kapten Cile Gary Medel yang juga mendapat kartu merah.

Usai pertandingan, Messi meluapkan kekesalannya saat diwawancarai awak media di mixed zone.  Dilansir AS, dia mengatakan Copa America 2019 tak berjalan secara fair karena La Albiceleste banyak dirugikan wasit.

Baca Juga!  Kasus Dana Kemah, Polisi Periksa Lagi Dahnil Anzar Hari Ini

Amarah Messi sebenarnya sudah tersulut sejak Argentina disingkirkan Brasil 0-2 pada semifinal, Rabu (3/7/2019).  Pemain 32 tahun itu menilai, pada laga tersebut banyak keputusan wasit yang berat sebelah menguntungkan tuan rumah.

Protes keras juga sempat dilayangkan setelah wasit menolak memberikan hadiah tendangan penalti usai Sergio Aguero dijatuhkan di kotak terlarang.

Bahkan, sang pengadil tak berniat mengecek Video Assistant Referee (VAR) untuk melihat kejadian sebenarnya.

Dua hal tersebut yang membuat Messi murka dan menyalahkan CONMBEOL. Sebagai bentuk kekecewaan, Messi ogah mengambil medali perunggu usai timnya meraih gelar peringkat ketiga.

“Kami tak perlu menjadi bagian dari korupsi yang memberikan penderitaan sepanjang turnamen. Kami tak perlu menjadi bagian dari kurangnya rasa hormat pada turnamen ini. Kami seharusnya bisa berjalan lebih jauh lagi, namun mereka tak membiarkan kami ke final,” kata Messi dikutip AS.

Baca Juga!  Coba Lawan Petugas, 1 Dari 4 Pelaku Pembunuhan Di 'DOR' Polisi

Terkait komentar negatif pesepak bola berjuluk La Pulga itu, CONMEBOL langsung angkat bicara. Otoritas tertinggi sepak bola Amerika Selatan itu menampik apa yang disebutkan Messi.

“Tuduhan tersebut mewakili kurangnya rasa hormat terhadap kompetisi. Semua pemain sepak bola yang terlibat serta ratusan anggota CONMEBOL, lembaga yang sejak 2016 tanpa lelah bekerja untuk selalu transparan, memprofesionalkan dan mengembangkan sepak bola Amerika Selatan,” tulis pernyataan CONMEBOL.

Sebagai tindak lanjut, CONMEBOL akan terus menggodok masalah ini. Jika terbukti bersalah, Messi akan menerima hukuman larangan dua tahun membela negaranya.

Itu artinya, dia bakal absen pada Copa America 2020 yang diselenggarakan di Argentina dan Kolombia serta kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga!  Tersengat Arus Listrik Pekerja Proyek Badan Jalan Tewas

 

Sumber : iNews.id

 

Loading...