Sebut Lahan Ketapang 45, Polres Malra Bongkar Lagi Satu Hektar Lahan Baru

0
62
Polres Maluku Tenggara untuk kedua kalinya membuka, membebaskan dan membongkar lagi satu hektar lahan baru yang akan digunakan untuk lahan pertanian dengan sebutan "Lahan Ketahanan Pangan" (Ketapang) 45.
Dijual Rumah

Maluku Tenggara, buktipers.com – Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara (Malra) untuk kedua kalinya membuka, membebaskan dan membongkar lagi satu hektar lahan baru yang akan digunakan untuk lahan pertanian dengan sebutan “Lahan Ketahanan Pangan” (Ketapang) 45.

Lahan tersebut terletak di bagian timur Kecamatan Kei Kecil, tepatnya di Desa Semawi Maluku Tenggara. Sekitar pukul 09:45 WIT, kegiatan pembongkaran dan pembebasan lahan dilaksanakan, Rabu (10/6/2020), lalu.

Warga masyarakat Desa Semawi, turut membantu kepolisian dalam kegiatain pembongkaran itu.

Di bawah pimpinan Wakil Kapolres Malra, Kompol D. Ubro, di dampingi Kabag Sumda Polres Malra, AKP F. H. Bawole, beserta sejumlah anggota Polres Malra dan warga masyarakat Desa Semawi, sama-sama berpartisipasi menebang pohon dan membersihkan lahan tersebut.

Sebanyak 24 personil Polres Malra, bersama rekan-rekan media cetak maupun elektronik dilibatkan dalam kegiatan pembongkaran itu.

Waktu menunjukkan, sekitar pukul 15:40 WIT, Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael,S.I.K., M.H, baru tiba di lokasi tempat pembongkaran.

Pengawasan pembongkaran lahan terus terpantau oleh seluruh personil Polres Malra. Sepanjang kegiatan pembongkaran, situasi aman lancar dan kondusif.

Bergeser dari sekitar pukul 16:36 WIT, kegiatan pembongkaran berakhir. Kapolres beserta segenap jajaran Polres Malra melakukakn kegiatan santai sambil bercerita bersama masyarakat Desa Semawi.

Adapun pesan dan kesan dari Kapolres saat bercerita bersama warga setempat untuk tetap menjaga kantibmas, sebagai warga negara dan sebagai warga masyarakat.

“Kita harus bersyukur karna kita semua sudah diberikan kekutan untuk bekerja sampai selesai dalam lindungan Tuhan. Kita semua harus menjaga kamtibmas di daerah ini. Ini tanggung jawab kita semua untuk tetap memelihara nilai-nilai kearifan lokal masyararakat kita sebagai hidup orang basudara,”ungkap Kapolres.

Kapolres juga mengucapkan terimah kasih kepada warga masyarakat Desa Samawi atas bantuan dan kerja sama dengan Polres Malra, melakukan pembongkaran lahan baru tersebut.

Kapolres mengaku, kelak nantinya hasil panen akan pula dapat dinikmati masyarakat setempat. “Lahan ini kita dari Polres bantu bekerja, kalaupun hasilnya nanti semuanya dinikmati bersama oleh masyarakat,”sebut Kapolres.

Direncanakan, kedepannya Kapolres Malra akan  menjadikan Desa Samawi sebagai Desa tangguh ketahanan pangan.

Kapolres berharap kepada warga Desa Samawi untuk tidak melanggar hukum maupun adat istiadat yang berlaku pada wilayah itu. Untuk itu dirinya mengajak segenap warga masyarakat setempat untuk terus mendukung Polres Malra menciptakan situasi yang kondusif di tengah masyarakat.

Kegiatan itu turut pula dihadiri Kepala Desa  Samawi, Ambrosius Ditubun, di dampingi Sekertaris Desa Samawi, Nikodemus Sabubun.

Sekitar pukul 17:12 WIT, selesai sudah semua rangkaian kegiatan. Anggota Polres Malra kembali melakukan apel konsolidasi yang dipimpin oleh Waka Polres Malra.

Selama kegiatan berlangsung dengan aman tertib dan lancar.

 

(Daniel Mituduan)