Beranda Hukum Segini Besaran Uang Purnabakti yang Akan Diterima Anggota DPRD Deliserdang

Segini Besaran Uang Purnabakti yang Akan Diterima Anggota DPRD Deliserdang

66
0
Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

Buktipers.com – Medan

Sekretariat DPRD Deliserdang saat ini sudah menentukan berapa jumlah uang yang akan diterima oleh anggota dewan yang akan memasuki masa Purnabakti.

Besaran uang yang diterima pun berbeda-beda antara dewan yang penuh menjabat satu periode dengan dewan yang Pergantian Antar Waktu (PAW).

Dari 50 anggota DPRD Deliserdang ada 5 orang yang berstatus karena PAW yakni Gambo Tarigan, Surasmi, Sulikin Ginting, Amriono dan Ikhwanul Ismar.

Sekretaris Dewan (Sekwan), Rahmat menyebut uang Purnabakti anggota dewan ini sudah diatur dalam PP 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan hak administratif Pimpinan dan anggota DPRD.

Disebut untuk di Kabupaten Deliserdang diambil kebijakan bahwa anggota dan Pimpinan besaran uang Purnabaktinya disamaratakan.

Baca Juga!  Tragis, Seorang Pemuda Tanjungbalai Tewas Dilindas ‘Ular Besi’ Putri Deli  

Meski lebih dari 50 persen anggota dewan kembali terpilih namun mereka tetap berhak mendapatkannya.

“Jadi kalau yang penuh dapat uang Purnabaktinya 12 jutaan lah tapi kalau yang PAW dan baru setahun sedikit karena hanya 2 jutaan saja. Dewan yang kembali terpilih maupun enggak terpilih tetap dapat. Uang Purnabakti ini kita berikan setelah dewan baru nanti dilantik lah, “ujar Rahmat Minggu, (23/6/2019).

Mantan Kadis Pariwisata Deliserdang ini menyebut sesuai PP 18 besaran uang Purnabakti ini ditentukan dari besaran uang Representatif.

Uang Representatif ini adalah tambahan uang saku kepada pejabat negara, Sekretaris Daerah, Pimpinan dan anggota DPRD dan pejabat eselon II dalam melakukan perjalanan dinas.

Baca Juga!  Ini Nama-nama Caleg yang Masuk DPRD Deliserdang 2019-2024

Untuk yang lima tahun dikali enam sementara yang PAW dikali satu karena baru setahun menjabat.

“Kita pukul rata saja anggota dengan Pimpinan. Uang Representatif Pimpinan itu maksimal Rp 2,1 juta kalau anggota kecil hanya Rp 1,6 juta. Makanya itu kita ambil yang maksimal untuk besarannya karena sebenarnya anggota sama pimpinan inikan yang membedakannya kan masalah organisasi saja tapi sebenarnya samanya mereka itu,” kata Rahmat.

 

Sumber : tribunnews.com

Loading...