Beranda Nasional Selain Buat Belanja, Smart SIM Juga Bisa Tahu Kelakuan Pengemudi

Selain Buat Belanja, Smart SIM Juga Bisa Tahu Kelakuan Pengemudi

30
0
Smart SIM. Foto: Lamhot Aritonang

Jakarta, buktipers.com – Korlantas Polri resmi meluncurkan aplikasi registrasi dan smart SIM bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, peluncuran ini di Hall Basketball Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu, (22/9/2019).

Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri mengatakan inovasi ini dilakukan untuk menyasar tiga poin, baik dari sisi penegakan hukum hingga kepentingan masyarakat.

“Sesungguhnya ada tiga item penting sebenarnya, walaupun unggulannya ada satu yang penting yaitu adalah bagaimana mencatat perilaku mengemudi,” ujar Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri di Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Poin pertama ini, kata Refdi bisa mencatat pelanggaran yang dilakukan pengemudi saat berlalu lintas.

“Ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas itu tercatat dalam chip yang ada dalam kartu SIM itu, dan juga tercatat pada sever kita,” tururnya.

Baca Juga!  Keluarga Sesalkan Foto Wali Kota Risma di ICU Beredar Luas

“Kemudian lebih jauh juga kita bisa mengetahui forensik-forensik kepolisian yang berkaitan dengan data-data pengemudi atau pemilik SIM,” sambung Refdi.

Selain itu, pemilik Smart SIM juga bisa memanfaatkan fasilitas menyimpan uang. Kendati saat ini belum diaktifkan sebab masih menunggu izin dari Bank Indonesia.

“Berkaitan dengan uang elektronik akan dilakukan uji coba sebagaimana yang sudah diberikan support oleh Bank Indonesia, demikian juga mitra-mitra kita BNI, Mandiri dan BRI,” ujar Refdi.

Dalam peluncuran Korlantas Polri menunjukkan video pelayanan SIM secara online yang akan diterapkan di 456 Satpas SIM dan 373 SIM keliling di 34 provinsi Indonesia.

 

Sumber : detik.com

Loading...