Selamatkan Generasi Muda, Ka BNNK Tebing Komitmen Berantas Narkoba

0
766
IMG_20171016_213816

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Perang melawan bahaya narkoba dimulai dengan pencegahan, untuk itu seluruh elemen masyarakat khususnya masyarakat Kota Tebing Tinggi tercinta wajib mengenali apa itu narkoba, jenisnya serta bahayanya bagi kesehatan dan kehidupan manusia dan juga dampak yang ditimbulkan dari ketergantungan mengkonsumsi narkoba yang berakhir dengan kehidupan tragis dan kematian.

Demikian dikatakan Kepala BNNK Tebing Tinggi yang juga Ketua Harian Satgas TP4GN (Tim Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba) Kompol Bambang Rubianto, kepada BuktiPers.Com, Senin (16/10/2017) di ruang kerjanya Jalan Prof M Yamin SH.

Ditambahkannya bahwa selaku petugas BNNK pihaknya terus memberi penerangan sosialisasi ke semua lapisan masyarakat dengan berbagai lintas, semua wajib mencegahnya dan menyelamatkan diri, keluarga, generasi Kota ini dari bahaya Nasional Narkoba.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa BNNK hadir dengan tugas utama pencegahan dengan berbagai sosialisasi kepada masyarakat dan juga tegas dalam represif (berantas) dan siap untuk tembak di tempat dengan SOP yang terukur bagi bandar Narkoba dengan barang bukti di TKP sesuai perintah Presiden, Kapolri, Kepala BNN dengan dasar UU No 35 Tahun 2009.

Ditegaskan Kepala BNN Kota Tebing Tinggi tentang tugas BNNK yakni mendata berapa banyak warga yang pengguna narkoba yang direhab dan dimajukan ke proses hukum serta upaya pencegahan.

Kompol Bambang Rubianto Lebih jauh menjelaskan kalau beliau mulai bertugas dipercaya negara sejak bulan Agustus 2016. Dalam kurun waktu 2016 hingga 2017 ada sekitar 70 orang tangkapan dari BNNK tentang pengguna narkoba jenis sabu, 17 orang dimajukan ke proses hukum lewat Pengadilan dan selebihnya dilakukan rehabilitasi.

Perlu diketahui bahwa para pengguna yang direhab ada yang rehab rawat inap dan rawat jalan. Untuk rawat jalan Kantor BNNK punya klinik kesehatan dilengkapi para Dr Medis (Klinik Pratama) dan untuk rawat inap disediakan di Lubuk Pakam dan LIDO Bogor.

Kepala BNNK Tebing Tinggi juga sangat berharap peran aktif masyarakat untuk pencegahan narkoba di lingkungan keluarga, jika ada ditemukan gejala salah seorang anggota keluarga terindikasi pengguna narkoba cepat dilaporkan ke BNNK. Pihaknya siap terjun tes urin jika positif akan direhab.

BNNK akan terus melakukan sosialisasi penyuluhan bahaya narkoba baik di tingkat sekolah, masyarakat, instansi pemerintah. Kepada mayarakat diminta untuk pasang niat tulus di hati dan bergerak berjuang bersama cegah narkoba di kota ini, jelasnya seraya mengatakan bahwa Ketua Umum Satgas TP4GN dipimpin langsung oleh Walikota Tebing Tinggi Ir. Umar Zunaidi, MM. (AS/Red)