Selesaikan Uji Klinis Tahap 3, Rektor Unair : Ini Jadi Obat Covid-19 Pertama di Dunia

0
32
Hasil uji klinis tahap ketiga obat Covid-19 diserahkan langsung oleh Rektor Unair Mohammad Nasih kepada KSAD yang juga Wakil Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan PCPEN Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: iNews.id/ Irfan Maruf).
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Universitas Airlangga (Unair) telah menyelesaikan uji klinis tahap ketiga obat virus corona (Covid-19). Obat tersebut merupakan kombinasi dari 3 jenis obat.

Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan, efektivitas obat lebih dari 90 persen. Selain itu dosis yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan jika obat diberikan secara tunggal.

“Karena ini akan menjadi obat baru maka diharapkan ini akan menjadi obat Covid-19 pertama di dunia,” ujar Mohammad Nasih di Mabes TNI AD, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Dia menuturkan, proses pembuatan obat Covid-19 dilakukan sejak Maret 2020. Seluruh prosedur yang dipakai sesuai persyaratan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Saat ini obat tersebut tinggal menunggu izin edar dari BPOM sebelum diproduksi massal.

“Yang perlu ditekankan adalah untuk produksi dan edarnya kita tetap masih menunggu izin produksi dan edar BPOM. Artinya obat ini belum akan diproduksi sepanjang belum ada izin BPOM,” katanya.

 

Sumber : iNews.id