Semangat Raih Prestasi, SMP N 1 Raya Mantabkan Akhlak Anak Didik

0
732
FB_IMG_1507332568630
Dijual Rumah

BuktiPers.Com – Simalungun (Sumut)

Setiap insan mendambakan keberhasilan ataupun prestasi dalam kehidupannya. Dan hal tersebut bukanlah diraih sebagai keberuntungan semata, akan tetapi melalui semangat juang ataupun kerja keras. Di samping itu prestasi yang diraih satu instansi ataupun lembaga tentu harus ada kerjasama yang baik oleh orang-orang di dalamnya.

Demikian juga halnya dengan SMP N 1 Raya, salah satu lembaga pendidikan formal menengah yang terletak di Ibukota Kabupaten Simalungun, yang dipimpin Drs. Kalkedon Saragih selaku kepala sekolah. Kepada BuktiPers.Com, Jumat (6/10/2017) mengisahkan awal keberadaannya di sekolah tersebut tepatnya Januari 2015, membuat suatu konsep yang menjadi program kerja beliau dalam melaksanakan tugas tanggungjawab yang dipercayakan kepadanya.

Adapun program kerja tersebut:
Menanam pepohonan di lingkungan sekolah dengan tujuan melaksanakan program pemerintah dengan gerakan sejuta pohon, hal ini dipahami pihaknya untuk memberikan suasana sejuk dan nyaman di lingkungan sekolah yang dipimpinnya.

Menerapkan disiplin bagi setiap warga sekolah tanpa ada pengecualian.
Instansi melaksanakan rapat evaluasi kerja dengan dewan guru, harapannya melalui rapat rutin akan terbina keharmonisan hubungan kerja.

Berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan melaksanakan bimbingan belajar. Mengembangkan bakat kreativitas siswanya baik dari segi olah raga maupun budaya dengan melaksanakan tambahan kegiatan ektrakulikuler bagi siswa/siswi yang memiliki bakat.

Lebih lanjut kepala sekolah yang ramah terhadap setiap orang yang di dijumpainya ini memaparkan bahwasanya program kerja yang ditata pihaknya ini pun memberikan banyak prestasi baik akademik maupun non akademik.

“Program kerja yang kami laksanakan melalui kerja keras dan kerjasama setiap warga sekolah telah menghasilkan prestasi, puji syukur kepada Tuhan,” ujarnya.

Selanjutnya Bapak yang tercatat sebagai pengurus Gereja ataupun Majelis Gereja GKPS menemani Resort Raya Kota ini menyebutkan beberapa prestasi yang diraih oleh pihaknya, yakni:

1. Juara umum olimpiade tingkat SMP se Kabupaten Simalungun tahun 2016 yang dilaksanakan oleh PPS IMAS USU.

2. Juara umum Faisal tahun 2016.

3. Juara harapan l lomba puisi tingkat Propinsi Sumatera Utara.

4. Juara l lomba puisi yang dilaksanakan oleh kodim 0207 simalungun.

5. Memperoleh Penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten yang di serahkan oleh Bapak Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH, MM.

6. Juara I Sapta Pesona Tingkat Kabupaten Simalungun pada HUT PGRI tahun 2016.

7. Memperoleh Akreditasi A dengan poin 88 pada Februari 2017.

Drs. Kalkedon Saragih yang pada tanggal 3 Oktober 2017 lalu, tepat berusia 59 tahun, menyampaikan keresahan hatinya melihat kenakalan remaja saat ini, tergerak hatinya untuk menata akhlak siswa/ siswi nya dengan melaksanakan bimbingan rohani setiap hari Jumat di sekolahnya, berdasarkan agama kepercayaan masing- masing anak didiknya serta mengundang masing- masing pemuka agama, baik Islam, Kristen Protestan maupun Katolik setiap hari Jumat.

Ditambahkan Kalkedon bahwa pelaksanaan kegiatan bimbingan rohani adalah dalam bentuk ibadah, tujuan utamanya memantapkan akhlak anak didik agar terhindar dari kenakalan remaja. Hal ini juga dikatakannya sebagai implementasi pelaksanan kurikulum K 13 tahun 2013, dimana sekolah yang dipimpinannya sebagai salah satu induk clusster pelaksanaan K 13 sejak TP 2016/ 2017 hingga sekarang.

Menurut Drs. Kalkedon Saragih bahwa prestasi apapun dapat kita raih jika ada semangat kerjasama dan kerja keras, dan prestasinya hendaknya harus dibarengi akhlak mulia oleh setiap orang yang meraihnya agar jangan menjadi kesombongan. (JRP/Red)