Beranda Lintas Provinsi Sempat Kabur Saat Isolasi, Sekda Tebo Jambi Dinyatakan Sembuh dari Corona

Sempat Kabur Saat Isolasi, Sekda Tebo Jambi Dinyatakan Sembuh dari Corona

68
0
Foto: Sekda Tebo diantar pulang usai sembuh dari Corona (Ferdi-detikcom)

Jambi, buktipers.com  – Sekda Pemkab Tebo, Jambi, Teguh Arhadi, dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona atau COVID-19. Dia dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil tes swab menunjukkan dirinya negatif corona.

“Kita lakukan uji swab sebanyak dua kali untuk memastikan apakah pasien ini sudah benar-benar pulih atau tidak. Ternyata dari hasil uji swab itu semuanya negatif, kondisi pasien juga sudah sangat pulih dan diperbolehkan pulang,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi, Johansyah, Senin (20/4/2020).

Teguh merupakan pasien pertama yang dinyatakan positif Corona di Jambi. Teguh juga diberi nama Pasien 01 oleh Pemerintah Jambi setelah hasil swabnya keluar.

“Pasien yang kita beri nama pasien 01 ini sudah dinyatakan sembuh oleh pihak dokter yang merawatnya. Kondisi tubuh pasien serta keadaannya kini sudah begitu stabil dan sehat. Pasien hari ini sudah dibawa pulang ke rumah,” ujar Johansyah.

Baca Juga!  Bhakti Sosial di Desa Langgur, Polres Malra Bagikan Sembako ke Kompleks RSHK

Selain Teguh, keluarga Teguh baik istri maupun anaknya juga dinyatakan negatif terinfeksi virus Corona. Hasil itu diketahui setelah pihak medis melakukan pengecekan sebanyak tiga kali melalui rapid test.

“Istri dan anak pasien tidak ada keluhan sakit, mereka sehat, mereka juga sudah dilakukan cek sebanyak tiga kali melalui rappid test dan hasilnya negatif. Jadi mereka hari ini sudah diperbolehkan pulang setelah dilakukan isolasi,” ujar Johansyah.

Sebelumnya, Teguh pertama kali dilarikan ke rumah sakit pada 17 Maret 2020. Ia dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami gejala virus Corona setelah baru pulang dari wilayah Jawa.

Namun, Teguh pernah pulang ke rumah setelah 21 hari diisolasi. Alasannya, dia jenuh diisolasi. Juru bicara Pemprov Jambi untuk Penanganan COVID-19, Johansyah, membenarkan pasien kasus 01 di Jambi pulang untuk isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga!  Sinergitas 3 Pilar Dirikan Posko Percepatan Penanganan Covid - 19 di Desa Pematang Terang

“Pasien itu adalah pasien 01. Meminta pulang atas permintaan keluarga, pihak keluarga juga berjanji melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Namun Kadis Kesehatan Provinsi Jambi kecewa atas keputusan RSU itu dan segera meminta jemput balik pasien positif kembali ke rumah sakit,” kata Johansyah kepada detikcom, Selasa (7/4).

Johansyah mengatakan pasien tersebut pulang dengan surat pernyataan akan mengisolasi diri secara mandiri di rumahnya. Dia menyayangkan tidak ada koordinasi antara pihak RS dan Dinkes. Kepulangan Teguh juga dinilai dapat membahayakan orang lain karena masih dalam kondisi positif corona.

Teguh pun dijemput paksa di rumahnya di kawasan Jambi Selatan, Kota Jambi atas perintah Bupati Tebo Sukandar. Selain Teguh, keluarganya juga dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa dan kini sudah diisolasi lagi di rumah sakit.

Baca Juga!  Rumah Ibadah Akan Kembali Dibuka di AS, Trump: Kita Sangat Membutuhkan Doa

“Jika beliau telah berada di rumah, saya minta Dinas Kesehatan Tebo jemput beliau untuk diisolasi lagi karena masih positif Corona,” kata Sukandar.

 

sumber : detik.com

Loading...