Sikapi Kasus Cabul Anak di Bawah Umur, Ini Penegasan Dinas Pendidikan OKU Selatan

0
270
Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Koni Ramli. (Foto/Suardi)
Dijual Rumah

Buktipers.com – OKU Selatan (Sumsel)

Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, sangat menyayangkan peristiwa cabul yang diduga dilakukan anak sekolah dasar, berinisial YR (13), terhadap korbannya, RS yang masih berusuai 3 tahun dan masih bertetangga.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten OKU Selatan, Zulpakar Dani, melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Koni Ramli. “Kami sangat menyesalkan kejadian yang telah dilakukan siswa sekolah dasar tersebut,”ungkapnya kepada buktipers.com saat disambangi ke ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, hal seperti ini tidak boleh terjadi, kalau kita sebagai orang tua dan guru, bisa memberikan pendidikan pertumbuhan psikologis karakter, di lingkungan sekolah maupun di tengah masyarakat.

Kedepanya, kita harus menekankan kepada seluruh dewan guru untuk lebih meningkatkan pengembangan pendidikan karakter bagi siswa, apalagi di era transpransi seperti dalam penggunaan media Informasi digital yang harus diperhatikan. Jangan sampai terjadi penyalahgunaan, sehingga akan menimbulkan perilaku menyimpang  dan melanggar hokum, ujarnya.

Terkait sangsi yang akan diberikan kepada pelaku asusila tersebut, pihaknya akan  memberikan pembinaan dengan cara akan memindahkan siswa tersebut dari sekolah itu ke sekolah lain. “Kalau untuk memberhentikanya kita tidak berani, karena melanggar peraturan yang mengharuskan anak untuk mendapatkan pendidikan sekolah dasar, tegasnya. (Suardi)